FAQ

Universitas Terbuka adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984.
PTJJ adalah layanan pendidikan yang disediakan oleh UT yang pembelajarannya ditandai dengan keterpisahan jarak antara dosen dan mahasiswa dengan dijembatani menggunakan media belajar (baik media cetak maupun non-cetak, dan/atau elektronik) dan sumber belajar lain, serta didukung dengan penyediaan tutorial/bimbingan tatap muka/online.
Program-program pendidikan di UT terdiri atas :
  • Program Bergelar, yaitu program pendidikan Diploma (D2, D3, dan D4), Sarjana (S1) dan Magister (S2).
  • Program Non Gelar atau Sertifikat, seperti Program Pendidikan Berkelanjutan (PPB) dan Program Mata Kuliah Mandiri (PMKM).
Tidak perlu. Jika Anda mengajukan permohonan alih kredit sesuai persyaratan dan disetujui oleh fakultas. Alih kredit ijazah diploma Anda akan diakui apabila program studi yang diambil sebelumnya telah memperoleh izin penyelenggaraan dari Kementerian Ristek Dikti/Kementerian Agama atau telah terakreditasi.
Iya, boleh. Anda dapat melanjutkan kuliah di UT dengan cara alih kredit agar mata kuliah yang telah diambil sebelumnya (minimal bernilai B) dapat diakui dan dibebaskan.
Permohonan alih kredit ditujukan kepada Dekan Fakultas terkait melalui Kepala Biro Administrasi Akademik, Perencanaan dan Monitoring (BAAPM) UT dengan melampirkan :
  • Formulir pengajuan alihkredit
  • Copy Ijazah dan Transkrip Nilai yang telah dilegalisir dan deskripsi mata kuliah (untuk alih kredit dari PT lain ke UT
Formulir dapat dilihat di katalog UT pada laman www.ut.ac.id pada tautan Tentang UT > Katalog & Formulir . Formulir

Tentu saja ada. Program tersebut dinamakan Program Mata Kuliah Mandiri (PMKM). Melalui PMKM, Anda dapat mengambil satu atau lebih mata kuliah yang diperlukan untuk mendukung karier Anda. Misalnya, pada semester ke-1 dan ke-2, Anda hanya mengambil beberapa mata kuliah dari program Ilmu Komunikasi saja. Pada semester ke-3 dan ke-4, Anda hanya mengambil beberapa mata kuliah dari Program Administrasi Bisnis. Setelah Anda anggap cukup, Anda boleh minta setifikat. Kalau suatu waktu Anda ingin mengambil Program S1, mata kuliah yang sudah Anda tempuh tidak perlu Anda ambil kembali.
Tidak benar. Mahasiswa UT bukan hanya guru atau yang sudah bekerja. Puluhan ribu siswa yang baru lulus SLTA/Sederajat banyak yang kuliah di UT dalam berbagai program studi.
Tidak bisa. Program pendidikan keguruan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UT hanya diperuntukkan bagi mereka yang sudah bekerja minimal 1 tahun sebagai guru atau tenaga pendidik.
Di UT tidak ada uang pangkal/uang pendaftaran. Yang ada hanya biaya SPP per semester. Khusus untuk Program S2 ada biaya admisi/tes masuk, selain SPP.
  • Lakukan registrasi secara online di laman http://sro.ut.ac.id
  • Datang langsung ke kantor UPBJJ-UT terdekat
  • Datang ke Sentra Layanan UT (SALUT) jika terdapat di wilayah domisili Anda
  • Formulir terisi dan kelengkapannya (Formulir pendaftaran dan berkas pendaftaran lainnya dapat diperoleh secara Gratis di Kantor UPBJJ-UT, Sentra Layanan UT, atau mengunduhnya dari website UT di www.ut.ac.id pada tautan Tentang UT > Katalog & Formulir > Formulir)
  • Copy Ijazah yang sudah dilegalisir
  • Pas foto berwarna ukuran 4x6 dan 2x3, masing-masing 2 lembar
  • Khusus untuk program pendidikan guru (FKIP), diperlukan Surat Keterangan Mengajar, SK Mengajar, dsb
Penjelasan detail tentang berkas persyaratan pendaftaran/registrasi lihat di Katalog UT atau di website UT.

SIPAS (Sistem Paket Semester) adalah layanan paket mata kuliah setiap semester beserta bahan ajarnya. Sedangkan Non SIPAS adalah sistem pengambilan mata kuliah secara satuan dengan jumlah maksimal 24 SKS per semester, tidak termasuk bahan ajar (dibeli terpisah).
  • Program Diploma/S1:
  1. Program SIPAS: mulai dari Rp 1.350.000,00 hingga Rp 2.400.000,00 per semester
  2. Program Non-SIPAS: mulai dari Rp 35.000,00 - Rp 55.000,00 per SKS
  • Program Pascasarjana
  1. Tes Masuk: Rp 500.000,00 (PPs)
  2. SPP Program PPs untuk daerah/wilayah 
         - Tipe A (Jakarta, Serang, Bogor, Bandung, Purwokerto, Semarang, Surakarta, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Jember dan Denpasar) Rp 7.450.000,00/semester
         - Tipe B (Aceh, Medan, Batam, Padang, Pangkalpinang, Pekanbaru, Jambi, Palembang, Bengkulu, Bandarlampung, Pontianak, Banjarmasin, Palangkaraya, Samarinda,  
           Tarakan, Mataram, Kupang, Makassar, Majene, Kendari, Palu, Gorontalo, Manado, Ternate, Ambon, Jayapura dan Sorong) Rp 9.350.000,00/semester

Catatan: Biaya kuliah dapat berubah sewaktu-waktu. Informasi lebih detail tentang biaya kuliah dapat dilihat di laman www.ut.ac.id pada tautan Tentang UT > Biaya Pendidikan.
  • Jika Anda memilih registrasi non-SIPAS, segeralah pesan bahan ajar cetak secara online melalui Toko Buku Online (TBO). Jika Anda memilih SIPAS, tunggulah bahan ajar cetak akan dikirim oleh UT Pusat ke UPBJJ-UT (kecuali SIPAS Non-TTM, bahan ajar dikirim ke alamat mahasiswa). Sambil menunggu bahan ajar cetak, Anda dapat membaca bahan ajar digital mata kuliah yang diregistrasi, yang tersedia secara gratis di menu Perpustakaan Digital dalam website UT laman Ruang Baca Virtual.
  • Baca dan pelajari Katalog
  • Kenali dan gali website UT (www.ut.ac.id) agar Anda dapat memanfaatkannya untuk keberhasilan studi Anda.
  • Pahami Kalender Akademik (minta ke UPBJJ atau lihat di website UT), Kapan tutorial tatap muka atau tutorial online dimulai, Kapan pelaksanaan Ujian Akhir Semester, dsb. Kepada petugas UPBJJ-UT secara khusus tanyakan jadwal kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dan tutorial tatap muka (jika Anda mengikuti tutorial tatap muka) di UPBJJ-UT tempat Anda mendaftar.
  • Buat email account Anda dengan menggunakan ecampus.ut.ac.id
  • Rencanakan jadwal belajar Anda, termasuk mempelajari bahan ajar
  • Catat dengan baik no.telepon atau email UPBJJ-UT sehingga Anda dapat menghubungi jika ada kesulitan atau masalah.
  • Ikuti OSMB untuk memahami dan memantapkan pemahaman Anda tentang sistem belajar di UT
  • Ikuti tutorial, baik tutorial tatap muka dan/atau tutorial online.
  • Persiapkan diri untuk mengerjakan tugas, praktik, praktikum dan UAS.
  • Lakukan belajar mandiri secara terjadwal bahan ajar mata kuliah dan membahasnya dalam diskusi kelompok, termasuk kelaompok virtual melalui media sosial (facebook) dan Forum Mahasiswa Program Studi.
  • Ikuti tutorial online mata kuliah (gratis) atau tutorial tatap muka
  • Praktik/Praktikum untuk mata kuliah yang mewajibkan praktik/praktikum
  • Manfaatkan berbagai sumber digital yang dapat diakses secara online dalam website UT
  • Berlatih mengerjakan soal ujian dalam Latihan Mandiri yang dapat diakses di website UT untuk mengetes dan memantapkan hasil belajar.
Untuk pendaftaran mahasiswa baru (semester 2017/18.2) untuk program studi FMIPA, FHISIP, FE, FKIP akan dibuka tanggal 4 Desember – 10 Januari 2017  dan untuk program Studi PGSD dan PGPAUD FKIP akan dibuka tanggal 4 Desember - 14 Februari 2017.