FAQ

Universitas Terbuka adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984.
PTJJ adalah layanan pendidikan yang disediakan oleh UT yang pembelajarannya ditandai dengan keterpisahan jarak antara dosen dan mahasiswa dengan dijembatani menggunakan media belajar (baik media cetak maupun non-cetak, dan/atau elektronik) dan sumber belajar lain, serta didukung dengan penyediaan tutorial/bimbingan tatap muka/online.
Program-program pendidikan di UT terdiri atas :
  • Program Bergelar, yaitu program pendidikan Diploma (D2, D3, dan D4), Sarjana (S1) dan Magister (S2).
  • Program Non Gelar atau Sertifikat, seperti Program Pendidikan Berkelanjutan (PPB) dan Program Mata Kuliah Mandiri (PMKM).
Tidak perlu. Jika Anda mengajukan permohonan alih kredit sesuai persyaratan dan disetujui oleh fakultas. Alih kredit ijazah diploma Anda akan diakui apabila program studi yang diambil sebelumnya telah memperoleh izin penyelenggaraan dari Kementerian Ristek Dikti/Kementerian Agama atau telah terakreditasi.
Iya, boleh. Anda dapat melanjutkan kuliah di UT dengan cara alih kredit agar mata kuliah yang telah diambil sebelumnya (minimal bernilai B) dapat diakui dan dibebaskan.
Tidak benar. Mahasiswa UT bukan hanya guru atau yang sudah bekerja. Puluhan ribu siswa yang baru lulus SLTA/Sederajat banyak yang kuliah di UT dalam berbagai program studi.
Tidak bisa. Program pendidikan keguruan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UT hanya diperuntukkan bagi mereka yang sudah bekerja minimal 1 tahun sebagai guru atau tenaga pendidik.
Di UT tidak ada uang pangkal/uang pendaftaran. Yang ada hanya biaya SPP per semester. Khusus untuk Program S2 ada biaya admisi/tes masuk, selain SPP.
  • Lakukan registrasi secara online di laman http://sro.ut.ac.id
  • Datang langsung ke kantor UPBJJ-UT terdekat
  • Datang ke Sentra Layanan UT (SALUT) jika terdapat di wilayah domisili Anda
  • Formulir terisi dan kelengkapannya (Formulir pendaftaran dan berkas pendaftaran lainnya dapat diperoleh secara Gratis di Kantor UPBJJ-UT, Sentra Layanan UT, atau mengunduhnya dari website UT di www.ut.ac.id pada tautan Tentang UT > Katalog & Formulir > Formulir)
  • Copy Ijazah yang sudah dilegalisir
  • Pas foto berwarna ukuran 4x6 dan 2x3, masing-masing 2 lembar
  • Khusus untuk program pendidikan guru (FKIP), diperlukan Surat Keterangan Mengajar, SK Mengajar, dsb
Penjelasan detail tentang berkas persyaratan pendaftaran/registrasi lihat di Katalog UT atau di website UT.

SIPAS (Sistem Paket Semester) adalah layanan paket mata kuliah setiap semester beserta bahan ajarnya. Sedangkan Non SIPAS adalah sistem pengambilan mata kuliah secara satuan dengan jumlah maksimal 24 SKS per semester, tidak termasuk bahan ajar (dibeli terpisah).
  • Program Diploma/S1:
  1. Program SIPAS: mulai dari Rp 1.350.000,00 hingga Rp 2.400.000,00 per semester
  2. Program Non-SIPAS: mulai dari Rp 35.000,00 - Rp 55.000,00 per SKS
  • Program Pascasarjana
  1. Tes Masuk: Rp 500.000,00 (PPs)
  2. SPP Program PPs untuk daerah/wilayah 
         - Tipe A (Jakarta, Serang, Bogor, Bandung, Purwokerto, Semarang, Surakarta, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Jember dan Denpasar) Rp 7.450.000,00/semester
         - Tipe B (Aceh, Medan, Batam, Padang, Pangkalpinang, Pekanbaru, Jambi, Palembang, Bengkulu, Bandarlampung, Pontianak, Banjarmasin, Palangkaraya, Samarinda,  
           Tarakan, Mataram, Kupang, Makassar, Majene, Kendari, Palu, Gorontalo, Manado, Ternate, Ambon, Jayapura dan Sorong) Rp 9.350.000,00/semester

Catatan: Biaya kuliah dapat berubah sewaktu-waktu. Informasi lebih detail tentang biaya kuliah dapat dilihat di laman www.ut.ac.id pada tautan Tentang UT > Biaya Pendidikan.
  • Jika Anda memilih registrasi non-SIPAS, segeralah pesan bahan ajar cetak secara online melalui Toko Buku Online (TBO). Jika Anda memilih SIPAS, tunggulah bahan ajar cetak akan dikirim oleh UT Pusat ke UPBJJ-UT (kecuali SIPAS Non-TTM, bahan ajar dikirim ke alamat mahasiswa). Sambil menunggu bahan ajar cetak, Anda dapat membaca bahan ajar digital mata kuliah yang diregistrasi, yang tersedia secara gratis di menu Perpustakaan Digital dalam website UT laman Ruang Baca Virtual.
  • Baca dan pelajari Katalog
  • Kenali dan gali website UT (www.ut.ac.id) agar Anda dapat memanfaatkannya untuk keberhasilan studi Anda.
  • Pahami Kalender Akademik (minta ke UPBJJ atau lihat di website UT), Kapan tutorial tatap muka atau tutorial online dimulai, Kapan pelaksanaan Ujian Akhir Semester, dsb. Kepada petugas UPBJJ-UT secara khusus tanyakan jadwal kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dan tutorial tatap muka (jika Anda mengikuti tutorial tatap muka) di UPBJJ-UT tempat Anda mendaftar.
  • Buat email account Anda dengan menggunakan ecampus.ut.ac.id
  • Rencanakan jadwal belajar Anda, termasuk mempelajari bahan ajar
  • Catat dengan baik no.telepon atau email UPBJJ-UT sehingga Anda dapat menghubungi jika ada kesulitan atau masalah.
  • Ikuti OSMB untuk memahami dan memantapkan pemahaman Anda tentang sistem belajar di UT
  • Ikuti tutorial, baik tutorial tatap muka dan/atau tutorial online.
  • Persiapkan diri untuk mengerjakan tugas, praktik, praktikum dan UAS.
  • Lakukan belajar mandiri secara terjadwal bahan ajar mata kuliah dan membahasnya dalam diskusi kelompok, termasuk kelaompok virtual melalui media sosial (facebook) dan Forum Mahasiswa Program Studi.
  • Ikuti tutorial online mata kuliah (gratis) atau tutorial tatap muka
  • Praktik/Praktikum untuk mata kuliah yang mewajibkan praktik/praktikum
  • Manfaatkan berbagai sumber digital yang dapat diakses secara online dalam website UT
  • Berlatih mengerjakan soal ujian dalam Latihan Mandiri yang dapat diakses di website UT untuk mengetes dan memantapkan hasil belajar.
Untuk pendaftaran mahasiswa baru (semester 2017/18.2) untuk program studi FMIPA, FHISIP, FE, FKIP akan dibuka tanggal 4 Desember – 10 Januari 2017  dan untuk program Studi PGSD dan PGPAUD FKIP akan dibuka tanggal 4 Desember - 14 Februari 2017.

Perguruan Tinggi (PT) Negeri yang menyelenggarakan layanan pendidikannya dengan menerapkan sistem Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ)
- Pendidikan Tinggi artinya layanan pendidikan yang diselenggarakan oleh UT diperuntukan bagi lulusan minimal SLTA/Sederajat

- Terbuka maksudnya siapapun WNI yang telah lulus minimal SLTA/Sederajat dapat mengikuti kuliah di UT tanpa dibatasi usia, tahun kelulusan atau tahun ijazah dan lama studi.

- Jarak Jauh maknanya :
1. Pembelajarannya ditandai dengan keterpisahan jarak antara dosen dan mahasiswa
2. Pembelajaran dijembatani dengan menggunakan media belajar (baik media cetak maupun non-cetak, dan/atau elektronik) dan sumber belajar lain, serta didukung dengan penyediaan tutorial/bimbingan tatap muka/online. Khusus untuk mata kuliah yang menuntut penguasaanketrampilan, mahasiswa wajib mengikuti kegiatan praktik/praktikum baik secara mandiri ataupun terbimbing.
Website UT adalah layanan Online Universitas Terbuka yang memberikan fasilitas layanan pendidikan berbasis internet yang dapat di akses mahasiswa UT dan masyarakat menggunakan perangkat komputer maupun telepon seluler.
Website UT diperuntukan bagi masyarakat umum dan mahasiswa. Di halaman awal website akan muncul pilihan pengguna, yaitu umum dan mahasiswa.
  • Jika anda ingin mengetahui informasi umum tentang Universitas Terbuka klik pilihan "Umum".
  • Jika anda mahasiswa UT dan ingin menggunakan layanan-layanan yang disediakan klik pilihan "Mahasiswa".
Langkah - langkahnya :
  • Gunakan aplikasi Browser seperti Internet Exploler, Chrome atau Mozilla.
  • Ketika alamat website UT (http://www.ut.ac.id).
  • Tekan tombol enter, maka akan muncul tampilan website UT, yaiut pilihan "Umum" (untuk mengakses informasi dan layanan umum) serta "Mahasiswa" (untuk mengakses informasi dan layanan khusus mahasiswa UT).
  • Jika klik pilihan "Umum" maka akan muncul Web UT dengan beragam layanan dan informasi.
    1. Menu Utama berada di bagian atas.
    2. Klik pada menu utama maka akan muncul menu dan submenu lainnya.
    3. Tautan pada layanan yang sering diakses juga tersedia di bagian tengah, diantaranya adalah fasilitas pendaftaran, perpustakaan digital, UT TV, UT Radio, dan Toko Buku Online. Klik pada gambar.
    4. Informasi dan berita terkini mengenai UT terletak di bagian bawah.
  • JIka ingin pilihan "Mahasiswa", maka tampilan yang akan muncul adalah seperti berikut.
    1. Menu Utama yang terletak di bagian kanan, dengan isi yang dominan terkait dengan kegiatan akademik.
    2. Klik Menu Utama untuk menampilkan menu - menu lainnya, 


  • Informasi dan layanan dalam website UT gratis dan tidak dikenakan biaya.
  • Biaya hanya dikenakan untuk proses transaksi dengan penerbitan billing (Tagihan) seperti pendaftaran ujian online, pembelian buku di Toko Buku Online (TBO) dan registrasi matakuliah.
Pada dasarnya, semua menu baik yang bersifat informasi ataupun layanan, sudah tercakup dalam website UT. Untuk mengakases langsung layanan UT berikut adalah diantaranya : 
- Iya, sistem pendidikan yang diselenggarakan UT merupakan bagian dari subsistem pendidikan nasional yang sah dan legal, yang diakui dan dinyatakan dalan perundang-undanagn RI.

- Karena itu segenap penyiapan, pengembangan, dan pelaksanaan program pendidikan di UT seperti halnya PT Tatap Muka atau PT biasa, dilakukan berdasarkan regulasi atau ketentuan pemerintah.

- Semua program studi di UT seperti halnya di PT lain diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) Pendidikan Tinggi (PT).
  • Layanan UT di daerah dikoordinasikan oleh kantor UT daerah yang disebut Unit Program Jarak Jauh (UPBJJ-UT).
  • UT Memiliki 40 kantor UPBJJ-UT yang terbesar di setiap ibu kota provinsi atau kota besar.
  • Informasi layanan UT yang berada di tiap UPBJJ-UT dapat diakes melalui website UT di menu "Fasilitas" pada submenu "UPBJJ-UT".
  • Website UPBJJ dapat juga langsung diakses dengan menuliskan alamat [nama-upbjj].ut.ac.id Misalnya http://jember.ut.ac.id.
  • Layanan yang bersifat informasi, seperti biaya pendidikan, kataloq, informasi kegiatan kemahasiswaan dan lain-lain, dapat langsung diakses melalui menu dan submenu dalam Website UT.
  • Layanan khusus kemahasiswaan seperti registrasi online, tutorial online, dan ruang baca virtual (RBV) mengharuskan mahasiswa memiliki indentitas unik untuk mengakses halaman website. Identitas tersebut biasanya disebut akun (account), yang terdiri atas username (identitas pengguna) dan password (sandi).
  • Terdaftar sebagai mahasiwa UT
  • Memiliki email (Pengguna akun yahoo sangat tidak disarankan). sebagai alamat korespondensi bila terjadi lupa password dan konfirmasi pendaftaran pertama kali.
  • Setelah memiliki akun, Anda akan memperoleh email dengan alamat @ecampus.ut.ac.id untuk pemberitahuan atau notifikasi.
Pada halaman awal terdapat tautan untuk penaganan permasalahan ini.
  • Klik pada tautan "Lupa Password".
  • Isikan form isian yang menanyakan alamat email saat mendaftar. Sistem akan mengirimkan notifikasi dengan melakukan pengecekan penyesuaian alamat email dana nama akun.
  • Buka email notifikasi terkirim.
  • Ikuti petunjuk didalamnya.
Layanan utuk melakukan pendaftaran atau melakukan registrasi mahasiswa baru dan matakuliah secara online, tanpa harus datang ke kantor UPBJJ-UT atau Sentra Layanan UT (SALUT).
Langkahnya :
  • Masuk halaman Website UT dengan pilihan "Mahasiswa".
  • Akses melalui menu : [UT ONLINE] - [REGISTRAS].
Untuk melakukan registrasi secara online, anda harus terlebih dahulu memiliki akun masuk ke halaman registrasi.
Dengan mengacu pada katalog UT terbaru (tersedia katalog cetak dan digital di Website UT). Tentukan matakuliah apa saja yang akan ditempuh pada semseter depan. Langkah selanjutnya :
  • Isikan kode tempat ujian.
Pilihan tempat ujian sesuai domisili dan hanya berlaku untuk mahasiswa selain S1 PGSD dan PGPAUD.
  • Masukan satu persatu matakuliah yang akan diambil sesuai ketentuan di UT :
  1. Matakuliah yang dapat diregistrasikan maksimal 24 SKS.
  2. Pastikan tidak ada jam ujian yang sama (Bentrok).
  3. Boleh meregistrasikan matakuliah bentrok apabila tersedia ujian online untuk matakuliah tertentu.
  • Klik tombol SIMPAN untuk memproses lembar tagihan. Pastikan data registrasi sudah sesuai, tagihan yang sudah dibayar tidak dapat diubah datanya..
Lembar informasi pembayaran dapat dicetak melalui daftar tagihan. Mahasiswa dapat memiliki lebih dari satu tagihan matakuliah yang berbeda.


pembayaran secara online adalah pembayaran melalui kartu kredit. Dapat dilakukan setelah mahasiswa registrasi.
Untuk mahasiswa lama, apabila anda sudah memililki akun dapat langsung melakukan login ke Website UT di menu "Registrasi Online (SRO)". Jika belum maka Anda harus melakukan proses aktivasi akun. Email konfirmasi akan dikirimkan melalui email. ikuti petunjuk dalam email.
Pada menu Registasi Online silahkan Anda pilih :
Menu aktivasi:
  • Aktikan NIM untuk dapat melakukan registrasi matakuliah.
  • Menu ini hanya khusus mahasiswa yang belum memiliki akun. Masukan NIM, Tanggal lahir, email, kode verifikasi lalu. 
  • Pilih aktivasi.
Pada menu regisrasi online silhakan Anda pilih :
  • Menu Registrasi Mata kuliah pilih lakukan registrasi matakuliah.
  • Masukan NIM, Kata sandi dan Kode Verifikasi lalu pilih tombol masuk.
  • Setelah login, pilih menu registrasi Mata Kuliah.
  • Tersedia Form isian mata kuliah yang akan diregistrasikan.
    1. Isikan kode mata kuliah maka informasi SKS dan waktu ujian akan tampil, untuk menambahkan matakuliah laiin klik tombol +.
    2. Bila ingin membatalkan mata kuliah yang telah di isi, Klik tombol merah.
    3. Jika mata kuliah sudah dimasukan, lakukan proses simapan dan penerbitan billing dengan klik tombol SIMPAN.
  • Silahkan batalkan billing pada menu Informasi Pembayaran Registrasi.
  • Pilih Billing yang akan dibatalkan. Dengan catatan billing dapat dibatalkan dengan status billing tersebut belum lunas.
Unutk melakukan registrasi secara online, Anda terlebih dahulu harus memiliki akun untuk masuk kehalaman registrasi.
Langkah-langkahnya : 
  • Klik menu registrasi mata kuliah.
  • Isilah kolom isian NIM.
  • Isikan Password yang digunakan untuk login.
  • Isikan kode verifikasi yang tertera pada gambar.
  • Klik tombol login.
Dengan mengacu pada katalog UT terbaru, tentukan mata kuliah yang akan di tempuh pada semester depan. Langkah selanjutnya :
  • Isikan tempat ujian, pilih tempat ujian sesuai domisili.
  • Cek kesesuian paket matakuliah berdasarkan Katalog UT.
  • Isikan alamat pengiriman bahan ajar.
  • Klik tombol SIMPAN untuk memproses lembar tagihan. Pasitkan data registrasi sudah sesuai, tagihan yang sudah dibayar tidak dapat diubah datanya.
Layanan UT Online berupa fasilitas sumber belajar untuk memperkuat dan memperkaya wawasan mahasiswa dalam mendukung proses pembelajaran.
Perpustakaan Digital UT menyajikan SUAKA/OER (Open Education Resource), Ruang Baca Virtual (RBV), dan E-Resource.
Ruang Baca Vitual (RBV) adalah salah satu layanan sumber bantuan belajar secara online yang berisi buku materi pokok (BMP) secara utuh (Full Text) setiap mata kuliah yagn hanya dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dan pada tutor yang mempunyai akses layanan Tutorial Online UT. Dengan adanya akses RBV mahasiswa dan tutor dapat segera mempelajari bahan untuk keperluan semester berikutnya tanpa harus menunggu bahan ajar cetak tiba.
Ttidak ada spesifikasi khusus pada komputer, naun aplikasi browser yang digunakan harus sudah memiliki penggaya Flash Player, Install terlebih dahulu melalui menu add on pada browser.
Langkahnya:
  • Klik halaman Website UT dengan pilihan "MAHASISWA"
  • Akses melalui menu :
  • [UT ONLINE] - [LAYANAN BELAJAR ONLINE] - [PERPUSTAKAAN DIGITAL].
  • Untuk mengakses layanan Ruang Baca Virtual secara utuh, login terlebih dahulu melalui website tutorial online.
  • Akan muncul halaman yang berisi daftar BMP, klik pada kode matakuliah untuk membukanya.
  • Pencarian materi pembelajaran, dengan cara pilih, Menu Ruang Baca Virtual pada bagian atas selanjutnya cari materi pembelajaran berdasarkan program studi pada masing-masing fakultas dan modul pembelajaranya.
Ttidak ada spesifikasi khusus pada komputer, namun aplikasi browser yang digunakan harus sudah memiliki penggaya Flash Player, Install terlebih dahulu melalui menu add on pada browser.
UT memiliki sumber pembelajaran terbuka Universitas Terbuka disebut SUAKA.
SUAKA adalah singkatan dari Sumber Pembelajaran Terbuka (Open Education Resource atau OER), yaitu salah satu layanan online UT yang berisi materi pendalaman dan pengayaan mata kuliah atau materi pembelajaran yang dapat diakses secara gratis oleh mahasiswa dan masyarakat umum.
SUAKA UT menawarkan materi-materi pembelajaran, Menu yang dapat diakses adalah :
  • UT TV
  • Jurnal
  • Perpustakaan Digital
  • Guru Pintar Online
  • UT Open Courseware
  • ASEAN Studies
Ada Namanya UT-TV yaitu fasilitas layanan belajar berbentuk video dengan menggunakan kanal Youtube. Isinya tentang informasi umum ke-UT-an serta ulasan, pendalaman, dan/atau pengayaan materi suatu mata kuliah dalam bentuk video.
Langkahnya:
  • Masuklah ke halaman Website UT dengan pilihan Sebagai MAHASISWA
  • Akses melalui menu : [UT ONLINE] - [SUAKA UT] - [UT-TV]. Kanal youtube ini juga dapat langsung diakses melalui https://youtube.com/c/universitasterbukatv
  • Untuk menampilkan video tersebut klik pada daftar video yang tersaji.
Ya, namanya UT-Radio yang dapat diakses secara online formatnya seperti siaran radio.
Ada diwaktu penyiaran secara langsung (live) yaitu: UT Morning, UT Day Time, UT Afternoon, UT Evening, UT Late Night dan UT Week End. Di luar waktu itu UT akan menyiarkan rekaman sebelumnya.
Pencarian materi audio dari siaran rekaman sebelumnya dapat di pilih berdasarkan kategori fakultas, selanjutnya klik tombol "CHECK NOW". Untuk pencarian bebas bisa melalui menu "CARI PODCAST".
Fasilitas ini dapat langsung diakses melalui Website UT atau https://utradio.ut.ac.id/

Materi pengayaan Matakuliah adalah materi lainya selain buku, materi pokok atau modul untuk memperkaya materi matakuliah yang disajikan secara online dalam bentuk interaktif.
Melalui website UT, Pilih menu :
[UT ONLINE] - [SUAKA UT] - [MATERI PENGAYAAN MATAKULIAH].
  • Pencarian materi pengayaan matakuliah dilakukan berdasarkan pilihan fakultas.
  • Klik nama fakultas dan selanjutnya cari dengan lebih spesifik berdasarkan kode matakuliah.
Materi online ini mensyaratkan pada browser sudah terpasang Flash Player. Jika Flash Player belum terpasang biasanya saat membuka materi maka secara otomastis browser akan meminta konfirmasi anda untuk instalasi Flash Player seperti Adobe Flash player.
Untuk memahami karakteristik ujian di UT, terdapat contoh latihan ujian matakuliah. Anda dapat juga mengikuti latihan melalui menu tes yang tersedia
  • Masuk ke website UT dan pilih menu [UT ONLINE] - [LAYANAN BELAJAR ONLINE] - [LATIHAN MANDIRI]. Atau, langsung melakukan pencarian menggunakan tombol search.
  • Isikan kata pencarian melalui isian query dan selanjutnya tekan tombol search di bagian bawah.
  • Pencarian lebih spesifik dapat dilakukan dengan memilih pada opsi Search in dan Catagory.
  • Pilih matakuliah yang akan anda kerjakan untuk latihan dengan klik pada kode Matakuliah.
Soal latihan dapat diunduh untuk dikerjakan secara offline dan dapat juga dikerjakan langsung di halaman web, untuk mengunduh soal klik tombol Download.
Soal juga dapat langsung dikerjakan dengan klik tombol kerjakan. Tiap halaman berisi sepuluh soal.
Ya. UT menyebutnya dengan Tutorial Online (Tuton). Kegiatan Tuton untuk setiap matakuliah dilakukan dalam 8 inisiasi, dengan 3 tugas tutorial.
  • Tutorial Online dapat diakses secara langsung melalui pilihan menu : [UT ONLINE] - [LAYANAN BELAJAR ONLINE] - [TUTORIAL ONLINE], Atau dengan mengakses langsung ke http://elearning.ut.ac.id
  • Lakukan aktivasi pada menu Aktivasi UT online untuk mendaptkan akun (username dan password) agar dapat melakukan login untuk mengikuti Tutorial Online.
Matakuliah tuton akan muncul sesuai jadwal kalender akademik (lihat di Website UT)
Bila Anda tidak terlambat melakukan aktivasi sesuai dengan kalender akademik dan sudah melunasi pembayaran Registrasi Matakuliah, dilahkan hubungi Hallo-UT di 1500024 atau kirimkan email ke hallo-ut@ut.ac.id
Setelah anda melakukan login, akan muncul matakuliah yang Anda registrasikan, klik pada nama matakuliah tersebut. Pada setiap Tuton disediakan materi Inisiasi, Forum dan Tugas.
  • Kegiatan Tutorial Online terbagi menjadi 8 pokok bahasan yang bisa di sebut dengan materi inisiasi.
  • Pada setiap minggu tutor akan menyajikan materi inisiasi.
  • Peserta tutorial perlu mempelajari materi inisiasi yang disediakan dan mengikuti kegiatan diskusi online setiap minggunya, serta mengerjakan tugas tutorial pada minggu III, V dan VII.
Dengan mengklik pada tautan "Diskusi". Maka akan muncul topik-topik terkait matakuliah. Klik pada topik yang disediakan dan klik reply untuk memberikan respon pada topik yang dipilih.
  • Pada minggu III, VI dan VII Tutor akn memberikan tugas. Klik pada tautan Tugas.
  • Selanjutnya akan muncul soal untuk dikerjakan.
  • Kerjakanlah soal yang diberikan pada Word Doc.
  • upload file tugas yang kerjakan dengan klik "Tambahkan pengajuan (Tugas/laporan)".
Ya, layanan Tutorial Online dapat diakses perangkat mobile (ponsel pintar/smartphone, tablet) dengan sistem operasi android.
Unduh dan install aplikasi melalui Google Play Store. Aplikasi bernama "UT Online Mobile  learning"
Hanya mahasiswa Ut yang memiliki username dan password melalui proses aktivasi tuton, pastikan Anda telah berhasil login pada halaman elearning.ut.ac.id
Inisiasi maupun diskusi dilakukan sama seperti pada versi Web, namun untuk melakukan upload tugas harus melalui versi Web.
Dry Lab merupakan laboratorium simulasi dengan piranti lunak komputer untuk membantu mahasiswa melakukan praktikum secara vitual (maya). Dry Lab memungkinkan mahasiswa untuk melakukan simulasi percobaan, baik secara perorangan maupun secara kelompok, kapan dan dimana saja mereka berada. Tida hanya itu, Dry Lab juga menyediakan soal-soal latihan yang sangat interaktif terkait praktikum tersebut sehingga mahasiswa dapat meningkatkan penguasaannya dalam materi praktikum.
Melalui Website UT masuk sebagai mahasiswa dan pilih menu :
[UT ONLINE] - [LAYANAN BELAJAR ONLINE] - [PRAKTIKUM-DRYLAB].
Fitur yang ada pada layanan ini meliputi :
  • Materi Praktikum disampaikan dalam bentuk audio dan video terkait materi.
  • Soal-soal materi disajiakan dengan animasi dengan drag and drop, ataupun dengan menjodohkan.
  • Latihan soal praktek secara online.
  • Praktikum disajikan secara interaktif.
Layanan ini dapat digunakan pada browser yang sudah terpasang flash player.
  • Login melalui website UT Online (elearning.ut.ac.id)
  • Klik menu Dry Lab.
  • Silahkan pilih kode matakuliah praktikum yang akan diikuti.
Jurnal-jurnal yang diterbitkan oleh UT dapat diakses melalui http://jurnal.ut.ac.id Jurnal UT meliputi jurnal Matematika, Sains, Teknologi, jurnal organisasi dan Manajemen, Jurnal Pendidikan, Jurnal Pendidikan Jarak Jauh.
  • Pilih menu search lalu masukan kata kunci pencarian jurnal yang anda butuhkan.
  • Pilih abstrak PDF untuk diunduh.
  • Klik "Download This PDF File" untuk mengunduh materi agar memudahkan anda membaca jurnal secara offline.
MOOCS (Massive Open Online Courses) merupakan Program Sertifikat Terbuka Online bagi mahasiswa UT dan masyarkat umum yang ditawarkan secara "GRATIS".
Anda akan mendapatkan sertifikat apabila telah menyelesaikan program secara lengkap dan mendapat nilai yang memuaskan.
Buka website Moocs yang beralamat di http://moocs.ut.ac.id Lakukan aktivasi terlebih dahulu pada menu registrasi pengguna, kemudian login menggunakan user dan password yang telah didapatkan.
  • Klik Menu "Daftar Program" pada halaman utama Moocs.
  • Pilih program sertifikat yang ingin diikuti.
  • Klik tombol "Enrol Me".
Silahkan dilihat pada kalender Akademik yang terdapat pada halaman utama moocs.ut.ac.id pada sisi sebelah kanan.
Setelah Anda terdaftar di salah satu program, silahkan mengikuti pembelajaran dengan cara membaca materi yang ada, mengikuti forum diskusi atau melakukan chatting dengan tutor.
Klik pada forum Diskusi kemudian klik tombol "add a new discussion topic"
Sertifkat Moocs dapat diunduh pada link yang akan disediakan pada saat masa unduh sertfikat sesuai kalender akademik Moocs.
Program sertifikat ini gratis. Anda tidak dipungut biaya untuk melakukan unduh sertifikat Moocs ini.
Ujian online adalah ujian akhir matakuliah yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi komputer. Ujian dilaksanakan di kantor UPBJJ dan Sentra layanan UT (SALUT) dengan pengawasan.
  • Pelaksanaan ujian untuk mengulang ujian matakuliah semester sebelumnya diadakan 3 s.d 1 bilan sebelum pelaksanaan UAS.
  • Pelaksanaan ujian untuk matakuliah yang diregistrasikan pada semester berjalan diadakan 1 pekan setelah pelaksanaan UAS.
  • Informasi detail pelaksanaan ujian online dapat dilihat melalui kalender akademik.
Mahasiswa untuk prodi S1-online diwajibkan untuk ujian secara online sedangkan mahasiswa diluar prodi tersebut dapat mendaftar apabila :
  • Terdapat matakuliah yang bentrok jam ujiannya.
  • Berhalangan hadir saat pelaksanaan UAS.
  • Mengulang ujian matakuliah semester sebelumnya (Perbaikan nilai) tanpa meregistrasikan matakuliah di semester berjalan.
Mahasiswa yang menjadi peserta ujian online harus mampu mengoperasikan komputer.
Melalui website UT, masuk ke fasilitas Registrasi Online pilih menu:
  • [UT ONLINE] - [REGISTRASI] - [Registrasi SUO].
  • Selanjutnya isilah form yang tersedia kemudian klik tombol proses.
  • Tanggal pelaksanaan ujian akan muncul beserta kuota yang masih tersedia, Tentukan tanggal dan ujian yang akan diikuti.
  • Dibagian bawah tanggal tersedia form isian untuk mandaftar matakuliah yang akan diikuti ujiannya secara online.
  • Masukan kode matakuliah, tanggal ujian dan sesi.
    1. Untuk menambahkan matakuliah lainnya, klik tombol +.
    2. Jika sudah diregistrasikan maka klik tombol SIMPAN.
    3. Tagihan akan diterbitkan untuk dibayar.
  • Klik cetak untuk mencetak lembar informasi pembayar (LIP).
  • Password akan diberikan setelah LIP dibayar dan divalidasi pihak bank. 
  • Untuk mengikuti  ujian akhir semester biasa (bukan online) maka LIP pendaftaran sudah terbayar.
Aplikasi untuk mengupload karya ilmiah mahsiswa sebagai salah satu persyaratan kelulusan.
Selanjutnya masuk dengan menggunakan akun anda dengan mengisikan username dan password.
Lakukan registrasi dahulu pada halaman Karya Ilmiah.
Pastikan Anda telah melunasi pembayaran billing Registrasi Matakuliah.
Gunakan menu "Forgot Password" pada halaman login Karya Ilmiah.
Kllik menu "Upload Artikel", isikan kolom sesuai data Anda kemudian Klik "Add".
File yang dapat diupload hanya yang berekstensi doc, docx, rtf atau odt.
Setelah selesai unggah, akan muncul nama file Anda pada menu "Upload Artikel". Klik pada kolom file untuk mengecek file unggahan Anda.
Syarat lolos plagiasi adalah tidak terdeteksi adanya kemiripan isi naskah (similarity) dengan dokumen yang sudah diunggah.
Lakukan login pada halaman karil pada saat pengumuman karil, berlangsung. Klik menu "Status Artikel Mahasiswa" untuk mengetahui status karil Anda.
14 hari setelah penutupan karil atau paling lambat 1 minggu sebelum pengumuman nilai.
Dengan sistem PJJ yang diterapkan UT, pemerintah dapat :
- Menyediakan pendidikan tinggi bagi warga negara Indonesia dimanapun mereka berada. Tidak hanya bagi mereka yang berada di kota, tetapi juga bagi mereka yang tinggal di pelosok termasuk daerah 3T (Terpencil, Terluar, Tertinggal), dan bahkan yang berdomisili di luar negeri.

- Menyediakan kesempatan mengikuti pendidikan tinggi bagi siapapun, baik bagi para siswa yang baru lulus SLTA/sederajat, maupun bagi mereka yang sudah bekerja, baik yang masih usia belia maupun bagi mereka yang sudah usia matang.

- Menyediakan fasilitas pendidikan tinggi sepanjang hayat bagi mereka yang rajin terus meningkatkan dan memperbaharui kemampuan diri, sekalipun mereka telah mengikuti program pendidikan sarjana, magister, bahkan doktor, untuk kembali kuliah di UT dalam bidang ilmu atau program studi yang berbeda dari sebelumnya.
Tentu saja ada. Program tersebut dinamakan Program Mata Kuliah Mandiri (PMKM). Melalui PMKM, Anda dapat mengambil satu atau lebih mata kuliah yang diperlukan untuk mendukung karier Anda. Misalnya, pada semester ke-1 dan ke-2, Anda hanya mengambil beberapa mata kuliah dari program Ilmu Komunikasi saja. Pada semester ke-3 dan ke-4, Anda hanya mengambil beberapa mata kuliah dari Program Administrasi Bisnis. Setelah Anda anggap cukup, Anda boleh minta setifikat. Kalau suatu waktu Anda ingin mengambil Program S1, mata kuliah yang sudah Anda tempuh tidak perlu Anda ambil kembali.
Untuk mendpatkan informasi nilai ujian, silahkan masuk ke halaman web Registrasi Online menggunakan akun anda. Tersedia menu laporan yang berisi fasilitas untuk melihat daftar nilai ujian, daftar paket semester, LKAM.
Untuk melihat nilai ujian semester berjalan anda dapat melakukan :
  • Pilih Menu "Daftar Nilai Ujian".
  • Lengkapi kotak isian dnegan mengisikan NIM dan masa registrasi.
  • Kli tombol cari.
Wifi.id adalah jaringan internet publik nirkabel yang disediakan oleh Telkom atau penyedia jasa internet yang berkerja sama dengan Telkom.
Ya. Layanan ini dapat digunakan oleh mahasiswa UT yang berstatus aktif.
  • Pastikan mendapatkan jaringan @wifi.id yang benar dan statusnya connected/terhubung.
    1. Jaringan nirkabel wifi.id biasanya terdapat di @wifi.id corner yang disediakan oleh PT. Telkom Indonesia dan di pusat keramaian, seperti mall, bandara, stasiun, dll.
    2. Berhati-hatilah terhadap jaringan nirkabel yang memakai nama @wifi.id, yang tidak terhubung dengan internet.
  • Setelah terhubung dengan jaringan nirkabel @wifi.id 
    1. bukalah browser (Chrome, Mozzila, dll).
    2. Untuk pertama kali anda akan mendapatkan tampilan halaman @wifi.id
    3. Klik tautan komunitas, kemudian klilk pada tautan komunitas kampus.
  • Setelah memilih komunitas kampus, maka akan tampil halaman user login.
    1. Pada kolom username masukan NIM Anda, ditambahkan "@ut.ac.id" contoh: (123456789@ut.ac.id)
    2. Pada kolom password silahkan masukan masa registrasi awal Anda di UT ditambahkan tangal lahir Anda. Contohnya : jika Anda registrasi awal di UT pada 2011.2 dan tanggal lahir Anda 4 September 1984 maka passwordnya 2011204091984.
    3. Klik LOGIN Untuk melanjutkan.
  • Jika proses user login berhasil, selanjutnya akan tampil ucapan selamat, lalu klik lanjutan. Jika tidak ada kendala dari tahap awal, maka Anda telah dapat menggunakan fasilitas jaringan internet nirkabel @wifi.id untuk mengakses informasi dan materi belajar dari www.ut.ac.id ataupun sumber lainya di internet. Selamat belajar.
Ya dan Tidak!
  • Benar, masuk kuliah di UT memang gampang karena tidak ada tes masuk, kecuali untuk program S2
  • Tetapi, keliru besar kalau dikatakan kuliah di UT susah mendapatkan nilai bagus dan lulus tepat waktu. Keberhasilan studi di UT sangat dipengaruhi oleh motivasi, disiplinan dan kegigihan belajar mahasiswa itu sendiri. Kalau belajarnya asal-asalan dan kapan-kapan, ya nilainya juga asal-asalan dan lulusnya juga kapan-kapan.
  • Tidak sedikit mahasiswa UT lulus tepat waktu, dengan nilai dan IPK bagus, Bahkan, ebebrapa diantaranya mendapatkan beasiswa.
  • Kalau ada orang yang pernah kuliah di UT bilang seperti itu, tanya saja bagaimana dia belajar; Apakah dia membaca modul dan ikut tutorial dengan baik? Jawabannya pasti 'tidak sempat belajar', 'Sibuk', 'Lupa lagi apa yang sudah di baca', 'Tidak sempat atau tidak aktif dalam tutorial', dsb
Office 365 adalah salah satu layanan terbaru di UT online yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk meningkatkan kapasitas email, berbagi hasil presentasi, serta konferensi via web.
Dengan memanfaatkan layanan Office 365 anda mendapatkan akun email @ecampus.ut.ac.id kapsitas ruang penyimpanan yang besar di OneDrive dan penggunaan paket aplikasi Microsoft lainnya.
Untuk Mengakses LKAM. :
  • Silahkan akses http://sia.ut.ac.id/
  • login dengan user dan password akun Anda
  • Pilih menu [Laporan] - [LKAM]
  • Masukan NIM
  • klik tombol cari
  • Setelah LKAM Muncul klik tombol cetak.
Proses LKAM kemungkinan membutuhkan waktu beberapa menit, tunggu hingga tampilan LKAM muncul.
Untuk mengaktifkan layanan ini:
  • Mahasiswa harus memiliki akun UT-online/SIA terlebih dahulu.
  • Setelah mahasiswa memiliki akun UT-online, mahasiswa dapat mengakses layanan ini dengan mengetikan alamat http://ecampus.ut.ac.id
  • Login dengan menggunakan user : nim@ecampus.ut.ac.id dan password awal : P@ssw0rd (0 adalah angka nol bukan o) atau Ut+tglblnthnlahir (Ut22031997).
    Password ini dapat diganti sesuai preferensi pengguna.
  • Email
  • Untuk korespondensi antar mahasiswa atau ke tutor anda dapat menggunakan fasilitas email dengan kapasitas yang sangat besar. Seperti layanan email lainya.
  1. Email yang masuk ada di tautan Inbox .
  2. Untuk membuat email baru dengan meng klik tombol New. Masukan alamat tujuan, subyek email dan isi email.
  3. Anda dapat menyertakan lampiran berupa file dengan klik icon (attachment). Untuk mengirim email klik tombol Send.
  • Calendar
  • Calendar berfungsi untuk melakukan penjadwalan dan menyimpan rencana kegiatan. Calendar juga dapat mengundang orang lain untuk masuk dalam kegiatan.

  • People
  • Fasilitas untuk mengelola data kontak orang-orang yang berhubungan dengan Anda.
  • One Drive
  • Fasilitas Cloud ini sangat penting untuk mengelola file-file yang Anda upload. Anda juga dapat bebagi file dengan rekan mahasiswa lain melalui fasilitas ini. Anda dapat memanfaatkan fasilitas cloud ini untuk membakcup 
    tugas kuliah dan file penting lainnya.
  • Microsoft Office secara Online
  • Dengan memanfaatkan layanan Ms.Office secara online anda dapat mengerjakan tugas-tugas secara, langsung dengan menjalankan jenis aplikasi sesuai kebutuhan. Aplikasi-aplikasi yang tersedia  adalah :
  1. Microsoft Word.
  2. Microsoft Excel.
  3. Microsoft Power Point.
Toko Buku Online (TBO) adalah fasilitas guna memberikan layanan kepada mahasiswa untuk membeli buku materi pokok (BMP) matakuliah-matakuliah dari seluruh program studi yang ada di UT.
Untuk melakukan pembelian buku secara online, setiap mahasiswa diharuskan melakukan.
  • Login terlebih dahulu ke http://tbo.karunika.co.id/login
  • Cari buku yang akan Anda beli.
  • Klik Beli Buku.
  • Validasi akhir berikut informasi biaya pengiriman.
  • Klik checkout untuk menerbitkan billing.
Untuk melakukan pencarian status order silahkan tuliskan no billing atau nomer order pada pojok kanan atas layar kemudian tekan tombol search.
Guru Pintar Online adalah sebuah portal yang didedikasikan untuk para guru di seluruh Indonesia agar mereka dapat mengakses sumber belajar dengan cepat, mudah dan relatif murah. Kata "Pintar" merupakan singkatan dari "Pintu Interaksi Antar Guru"
Langkahnya adalah :
  • Melalui laman Website UT dengan pilihan masuk sebagai MAHASISWA.
  • akses melalui menu : [UT ONLINE] - [SUAKA UT] - [GURU PINTAR ONLINE]
Adapun Fitur yang tersedia pada portal ini adalah:
  • Laboratorium pembelajaran.
  • Unduh materi pengayaan pembelajaran
  • Forum komunikasi guru
  • Video pengayaan pembelajaran
  • Pencarian artikel
  • Survey Online mengenai materi yang disajikan di Guru Pintar
Hallo UT merupakan salah satu layanan yang diberikan UT berupa aplikasi pelayanan berbasis tiket untuk memudahkan adminstras idan memberikan layanan yang lebih ke mahasiswa dan masyarakat umum.
Silahkan mengakses Web UT atau dengan mengetikkan alamat berikut : http://hallo-ut.ut.ac.id 
bagaimana cara membuat pengaduan/Informasi pada Hallo UT?
  • Pada menu Hallo UT pilih menu buat Ticket.
  • Isilah formulir pengaduan/Informasi lalu pilih kirim. Setelah pengaduan/Informasi terkirim anda akan mendapatkan Nomer Ticket ke email anda.
  • Pada menu Hallo UT pilih Cek Ticket.
  • Silahkan masukan nomor tiket yang dikirimkan ke email Anda pada saat setelah membuat/mengirim Pengaduan/Informasi.
Jawaban Pengaduan/Informasi dapat dilihat saat melakukan pengecekan ticket pada menu cek ticket pada web Hallo Ut. apabila melalui email dan SMS maka jawaban langsung di kirimkan langsung ke Email dan Ponsel Anda.
Bahan Ajar Digital UT adalah sistem repositori dan pembaca buku elektronik yang dikembangkan oleh Universitas Terbuka, tujuannya agar mahasiswa dapat mengakses buku materi pokok (BMP/Modul) menggunakan perangkat mobile. Sistem ini memungkinkan mahasiswa untuk mengakses, mendownload dan membaca BMP sesuai mata kuliah yang telah diregistrasikan.
  • Keliru memahami sistem perjuliahan di UT. Kalau pikirannya kuliah di UT itu gampang untuk dapat nilai bagus dan lulus tepat waktu tanpa belajar yang baik, maka jelas pikiran seperti itu salah dan sesat. Dan pasti akan gagal.
  • Ketidak sesuaian antara niat/tujuan dengan usaha. Kalau ingin lulus tepat waktu dengan nilai bagus, maka usaha dan perjuangan belajarnya ya harus bagus. Usaha yang biasa-biasa saja pasti hasilnya biasa juga. Tetapi, kalau ingin hasil yang istimewa makan belajar dan perjuangannya juga harus istimewa, di atas rata-rata orang lain.
  •  Tidak memiliki target dan perencanaan belajar yang baik.Kalau, misalnya, tiap semester mengambil 17sks dan ingin mendapatkan nilai rata-rata B, maka harus di hitung berapa jam atau berapa lama dia habiskan setiah hari/minggu untuk belajar mandiri, belajar kelompok, tutorial dan latihan.
  • kebiasaan buruk dalam belajar, yaitu belajar tidak teratur, menunda dan menumpuk kegiatan belajar termasuk membaca modul. Misalnya, " Waktu ujian kan masih lama. Baca modulnya nanti saja menjelang ujian akhir semester".
  • Tidak siap menghadapi ujian, baik karena tidak sempat baca, atau hal-hal lain.
  • Tidak percaya diri waktu ujian sehingga mencontek kiri-kanan, yang juga belum tentu benar. Akibatnya, terkena nilai hukuman E (H).
  • Melakukan pembenaran karena alasan sibuk, capek, usia, banyaknya urusan, atau apapun sehingga tidak sempat membaca modul, ikut tutorial, mengerjakan tugas tutorial, dsb.
  • Tidak mempelajarai dan memahami sistem belajar di UT, termasuk kalender akademik seperti jadwal registrasi, jadwal tutorial, jadwal UAS,dsb.




Perangkat yang dapat digunakan untuk mengakses layanan ini adalah perangkat mobile dengan sistem operasi Andorid.
Tujaun akhir belajar adalah memahami (understanding) dan memanfaatkan ilmu yang dipelajari dalam kehidupan nyata.

Setiap mahasiswa dapat menggunakan hingga 2 perangkat mobile untuk menggunakan layanan ini. Layanan ini direncanakan diberikan kepada seluruh mahasiswa pada awal 2017.
Seorang mahasiswa ang ingin berhasil dalam studinya perlu CERDAS dalam belajar.
  • Ia tidak hanya sekedar belajar dan asal belajar
  • Tetapi juga, melakukannya dengan cara dan strategi CERDAS dalam belajar
Bahan ajar digital ini dapat digunakan secara gratis oleh mahasiswa program online, mahasiswa yang mengambil layanan SIPAS (Sistem Paket Arahan Semester) dan program pasca sarjana.
  • C erdik menggunakan strategi belajar
  • E fektif menggunakan waktu belajar
  • R ealistis merencanakan belajar
  • D apat mencapai target belajar
  • A kurat merencanakan belajar
  • S pesifik dalam menetapkan tujuan/target belajar  (Tri darmayanti,2006)
Mahasiswa harus terlebiih dahulu melakukan administrasi pendaftaran. Setelah itu Anda akan mendapatkan notifikasi email cara mendownload aplikasi melalui Play Store.
Anda dapat melakukan login, menggunakan data yang dikirim bersamaan notifikasi pada email. Jika berhasil login, anda akan mendapatkan daftar judul BMP yang dapat diakses secara gratis.
Tidak, daftar BMP ini dapat di download dan dibuka kapan saja dan dimana saja tanpa membutuhkan akses initernet (Akses Offline). Koleksi buku digital yang terdapat pada sistem ini telah dilindungi oleh sistem pengaman untuk menghindari akses ilegal.
Aplikasi pembaca ini dilengkapi dengan fasilitas Bookmark, note, dan highlight (Fitur Highlight hanya berfungsi pada format epub). Fitur-fitur ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam membaca dan memahami isi dari BMP.
Perguruan Tinggi (PT) Negeri yang menyelenggarakan layanan pendidikannya dengan menerapkan sistem Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ)
  • Tanyakan pada diri sendiri: 'Untuk apa kuliah di UT?' dan 'Apa yang ingin dicapai dengan kuliah di UT?'
  • Tujuan mahasiswa kuliah di UT bisa bermacam-macam. Misalnya, untuk mengembangkan kemampuan diri, meningkatkan kemampuan dan nilai diri, mendukung karir atau meningkatkan kemampuan profesional, memperoleh kompetensi/kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan dalam bekerja, mengubah dan memperbaiki masa depan, dsb.
  • Tetapi, mungkin juga ada yang tujuannya sekedar emndapatkan ijazah dengan nilai bagus dan lulus tepat waktu, tetapi tidak mau belajar dan bekerja keras. Jika ini tujuan/niatnya, maka lebih baik betalkan untuk kuliah di UT. Sebab, penilaian di UT sangat ketat dan terstandar. Nilai yang diperoleh mahasiswa tergantung pada kulitas proses belajar yang bersangkutan.
  • Ijazah, nilai dan Indeks prestasi Kumulatif (IPK) adalah dampak dan pengakuan terhadap hasil belajar mahasiswa.




Dengan memperhatikan tujuan kuliah yang Anda tetapkan, kemudian tentukan target,

  • dari segi waktu penyelesaian kuliah; 'Saya akan selesaikan kuliah Program Sarjana saya dalam 8 semester atau 4 tahun'
  • dari sisi perolehan indeks prestasi kumulatif (IPK) dan nilai: 'IPK saya harus mencapai minimal 3,00. Artinya, nilai rata-rata setiap mata kuliah minimal B'
  • 'Dengan demikian, saya akan mengulang mata kuliah yang bernilai D dan C, apalagi E, pada setiap semester.
  • dari sisi lain: 'Saya akan mengambil ebebrapa mata kuliah dari program studi lain yang akan memperkuat dabn melengkapi keahlian yang saya peroleh dari program studi pilihan utama saya'

Dengan memperhatikan tujuan kuliah yang Anda tetapkan, kemudian tentukan target,

  • dari segi waktu penyelesaian kuliah; 'Saya akan selesaikan kuliah Program Sarjana saya dalam 8 semester atau 4 tahun'
  • dari sisi perolehan indeks prestasi kumulatif (IPK) dan nilai: 'IPK saya harus mencapai minimal 3,00. Artinya, nilai rata-rata setiap mata kuliah minimal B'
  • 'Dengan demikian, saya akan mengulang mata kuliah yang bernilai D dan C, apalagi E, pada setiap semester.
  • dari sisi lain: 'Saya akan mengambil ebebrapa mata kuliah dari program studi lain yang akan memperkuat dabn melengkapi keahlian yang saya peroleh dari program studi pilihan utama saya'

  • Pahami sistem pembelajaran di UT dengan mempelajari Katalog UT baik yang tercetak atau digital melalui website UT (www.ut.ac.id). Apabila ada yang tidak jelas, konsultasikan ke Kantor UPBJJ-UT terdekat atau ke Hallo-UT
  • Kuasai kalender akademik UT
  • Pahami berbagai kegiatan belajar yang disediakan UT, mulai dari  Orientasi Studi Mahassiwa Baru (OSMB), registrasi, belajaer mandiri (mempelajari modul dan mendiskusikannya), tutorial (Tatap Muka atau online), kegiatan praktek/praktikum, ujian akhir semester (UAS), hingga penyelesaian masalah studi.
  • Mengenali dan memanfaatkan berbagai sumber belajar untuk memperkuat penguasaan mata kuliah (UT-TV, UT Radio, Materi Pengayaan, Latihan Mandiri, dsb)
  • menyusun rencana belajar termasuk mengatur waktu belajar untuk mencapai tujuan dan target kuliah
  • Buat jadwal belajar yang realistis agar dapat dilakukan secara konsisten.
Berdasarkan tujuan dan target kuliah, susnlah rencana belajar dengan langkah berikut.
  • Petakan waktu belajar yang Anda miliki dengan memperhatikan kesibukan kerja, serta waktu untuk keluarga, masyarakat dan diri sendiri
  • Berdasarkan waktu belajar yang Anda miliki, susunlah jadwal belajar Anda dengan cara berikut:
  • Tetapkan jumlah jam belajar mandiri per hari, per minggu, perbulan dan per semester untuk belajar (baca dan diskusi isi modul, mempelajari materi pengayaan modul yang terdapat dalam SUAKA UT, yang dapat di akses melalui website UT, dan mempelajari bacaan lain yang relevan).
  • Pastikan kapan kegiatan belajar seperti OSMB, tutorial, praktik/praktikum, UAS, dan registrasi mata kuliah
  • Rencanakan untuk melakukan registrasi berikutnya lebih awal agar dapat segera memesan bahan ajar/ modul cetak. Sambil menunggu bahan ajar cetak datang, pelajari bahan ajar atau modul yang ada di Ruang Baca Virtual (Perpustakaan Digital UT) atau dengan mengunduh bahan ajar digital
  • Evaluasi dan perbaiki jika diperlukan rencana belajar yang telah di susun agar realistic dan dapat dilaksanakan dengan konsisten

Penyebab dan solusinya:
  • Tidak disiplin dalam mengikuti jadwal yang telah disusun. Solusinya; Latih dan paksakan
  • Terlalu ambisius dalam membuat jadwal belajar sehingga porsi kegiatan lain tidak terhitung. Solusi; Perbaiki jadwal belajar.
  • Kaku atau tidak luwes dalam mengikuti jadwal belajar. Jika jam belajar yang direncanakan hari ini tidak tercapai, gantilah di hari lain
  • Mengikuti jadwal belajar yang dibuat orang lain, yang kondisinya belum tentu sama dengan keadaan sendiri.
Tidak, Pendidikan Jarak Jauh (Distance Learning, open university) adalah sistem pendidikan yang dirancang dan diselengarakan dengan memanfaatkan bebagai media, teknologi informasi dan komunikasi dan sistem pendukung yang memungkinkan mahasiswa belajar secara mandiri kapanpun, dimanapun dan dengan siapapun. Karena itu, sistem PJJ memiliki bahan ajar khusus dan sistem terstandar. Sedangkan kelas jauh (remote classroom) adalah pembelajaran tatap muka yang diselenggarakan di luar kampus, tetapi sistem tidak dirancang sebagai sistem pendidikan jarak jauh.
Blajar di UT menggunakan sistem belajar mandiri tanpa mewajibkan datang ke kampus, sedangkan belajar di perguruan tinggi tatap muka dilakukan dengan datang ke kampus.
Bahan ajar wajib mata kuliah yang disebut 'Buku Materi Pokok (BMP)', yang dilengkapi dengan audio/video
  • Satu BMP mata kuliah terdiri atas 6 modul untuk 2 sks, 9 modul untuk 3 sks dan 12 modul untuk 4 sks
  • Satu modul terdiri atas 2-3 kegiatan belajar, yang terdiri dari: pendahuluan, uraian materi modul, rangkuman, latihan dan tes formatif berikut kunci/ rambu-rambu jawaban
Bahan ajar pengayaan/ pendukung online, yang terdiri atas:
  • Bahan-bahan digital yang dapat diakses secara gratis melalui website UT (Alamat: www.ut.ac.id):
  1. Perpustakaan Digital
  2. SUAKA (Sumber Pembelajaran Terbuka) UT
  3. Dry Lab
  4. UT TV
  5. UT Radio dan siaran RRI
  6. dsb.
  • Siaran 24 TV UT kerjasama dengan Sky LBS TV yang dapat diakses melalui TV cable atau parabola
Betul. Jangan khawatir, kuasai Strategi Membaca Efektif. Kalau Anda sudah memahami isis BMP/Modul dengan baik, maka ujian dan nilai yang bagus bukan lagi persoalan besar bagi Anda.
Tuliskan konsep atau uraian dalam modul yang tidak di pahami agar tidak lupa. kemudian lakukan hal berikut:
  • Baca penjelasan konsep yang tidak dipahami di buku, referensi lain, atau artikel yang juga dapat Anda cari di internet;
  • Diskusikan dengan teman-teman kuliah atau orang yang Anda anggap kompeten
  • Tanyakan kepada tutor saat tutorial tatap myka atau tutorial online; atau
  • Sampaikan kepada dosen UT yang mengasuh mata kuliah dari program studi yang Anda ambil.
Membaca efektif adalah kegiatan menyerap dan mengolah informasi visual (tertulis) dalam waktu yang cepat dengan pemahaman yang maksimal.
  • Gunakan teknik membaca cepat
  • Fokuskan kegiatan membaca untuk memahami apa yang dibaca, bukan untuk menghafal bacaan
  • Tandai konsep atau penjelasan penting dalam bacaan, dengan memberi garis bawah, memberi warna dengan stabilo, dsb
  • Tuliskan komentar atau pertanyaan anda saat membaca di bagian modul yang kosong
  • Rangkum hasil bacaan Anda dengan menggunakan bahasa anda sendiri
Teknik membaca cepat
  • Skimming: membaca dengan cepat untuk memperoleh gambaran utuh dan menyeluruh atas suatu bacaan tanpa fokus pada hal-hal detail. Contoh: mencari ide pokok dari suatu bacaan.
  • Scanning: membaca dengan cepat untuk memperoleh informasi tertentu. Contoh: cari kata tertentu dalam kamus.
Hal-hal yang harus diperhatikan saat membaca cepat
  • Gerakkan mata dengan cepat untuk menangkap ide/gagasan pokok setiap kalimat (pada kelompok kata) atau alinea (pada kalimat awal dan akhir).
  • Hindari membaca kata per kata dan kalimat per kalimat
  • Hindari saat membaca penggunaan penunjuk bacaan, komat-kamit, bersuara, regresi (bolak-balik ke bagian yang sudah di baca)
  • Hindari kegiatan membaca untuk menghapal bacaan. Tujuan membaca adalah memahami, bukan menghapal bacaan.
  • Sebagai PTN dengan sistem PJJ, kegiatan pembelajaran dapat dilakukan mahasiswa kapanpun, dimanapun, dan dengan menggunakan media yang sudah disiapkan. Karena itu, kampus UT ada di mana-mana, di tempat mahasiswa belajar. Kampus UT bersifat virtual, tidak persis sama dengan pengertian kampus dengan PT. Tatap Muka Biasa.
  • Layanan pendidikan di setiap wilayah ditangani oleh kantor UT yang berada di setiap provinsi yang disebut dengan Kantor Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ). Saat ini terdapat 40 kantor UPBJJ-UT yang tersebar di seluruh provinsi/kota besar di Indonesia. Alamat masing-masing UPBJJ-UT dapat dilihat dalam lampiran dan website UT dengan alamat http://www.ut.ac.id pada tautan fasilitas > UPBJJ-UT > ALAMAT UPBJJ-UT.
  • Untuk memudahkan mahasiswa belajar dan melakukan tutorial tatap muka di setiap UPBJJ-UT terdapat Sentra Layanan UT (SALUT) dan kelompok belajar (POKJAR).
  • Kebijakan sistem operasi, dan pinjaman mutu, serta pelaksanaan UT di setiap UPBJJ-UT dikoordinasikan di kantor PUSAT UT yang beralamat di jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten 15418.
  • UT memiliki Sistem Jaminan Mutu untuk memandu dan mengontrol pelaksanaan seluruh layanan pendidikan dimanapun agar memiliki standar kualitas minimal yang sama.
  • Untuk memastikan penyelengaraan layanan pendidikan itu sesuai dengan standar mutu, dilakukan penilaian atau audit internal oleh Pusat Jaminan Kualitas (PUSMINTAS) UT. serta secara eksternal oleh International Organization for Standardization (ISO), Badan Akredetasi Nasional (BAN) PT, dan International Council For Distance Education (ICDE) yang berpusat di Oslo, Norwegia.
  • Terbuka (Opennes)
  • Siapapun warga negara Indonesia yang minimal telah lulus SMA/Sederajat dimanapun mereka tinggal dapat mengikuti pendidikan tinggi di UT tanpa tes masuk juga tanpa dibatasi usia, tahun ijazah, dan lama studi.
  • Kemudian Akses (Accesbillty)
  • Pendidikan di UT dapat dijangkau oleh masyarakat dimanapun mereka tinggal atau berada tanpa terhambat oleh jarak, ruang, dan waktu.
  • Luwes (Fleksibillty)
  • Berdasarkan keadaan dan kebutuhannya, mahasiswa memiliki kebebasan untuk memilih :
    1. Skema layanan pendidikan berupa pengambilan matakuliah dengan Sistem Paket Semester (SIPAS) maupun satuan matakuliah (Non Sipas).
    2. Modus belajar berupa tutorial tatap muka atau tutorial online.
    3. Jangka waktu studi : boleh 8 semester atau 4 tahun untuk program sarjana. 2 Tahun untuk program magister, 3 tahun untuk doktor, atau lebih, tanpa terkena drop out (DO).

  • Terjangkau (Affordability)
  • Biaya pendidikan di UT tidak boleh mahal agar pendidikan di UT dapat di jangkau oleh segenap kalangan dengan beragam kemampuan ekonomi. Di UT tidak ada biayauang gedung, uang pangkal, uang pendaftaran, uang praktik/praktikum (kecuali yang disebut dengan uang kuliah Tunggal dalam bentuk Sumbangan Biaya Pendidikan (SPP)., yang dibayarkan saat mahasiswa melakukan registrasi pada setiap semseter.

Tidak. Banyak pilihan yang dapat diambil mahasiswa sesuai dengan kebutuhan dan keadaanya. Selain belajar secara online, di UT pun terdapat fasilitas belajar berupa bimbingan online, di UT pun terdapat fasilitas belajar berupa bimbingan /tutorial tatap muka. Praktik/praktikum, dsb.
Sama. Kurikulum setiap program studi di UT seperti halnya di PT biasa, mengacu pada standar yang sama, yang ditetapkan kementrian Riset Dikti.
Ya, program studi UT sudah terakredetasi A dan B oleh BAN-PT. Untuk nilai akredetasi program studi di UT dapat dilihat di website UT dengan alamat http://www.ut.ac.id pada tautan Tentang UT > Profil UT> Jaminan Kualitas > Akredetasi BAN-PT.
Lulusan UT seperti halnya luluswan Universitas lainnya, dapat bekerja sebagai pegawai negeri atau swasta.
Bisa. Semua program studi UT mendapatkan izin resmi penyelengaraan dari kementrian Riset Dikti.
Iya. Banyak lulusan S1 dan S2 UT yang melanjutkan ke berbagai perguruan tinggi negeri atau swasta terkemuka di dalam dan luar negeri.
Tidak tepat.

  • Masuk Kuliah di UT memang gampang karena tidak ada tes masuk, kecuali program S2.
  • Tetapi, apabila dikatakan susah lulus, tidak tepat. Tergantung pribadinya. Keberhasilan studi di UT sangat di pengaruhi oleh motivasi, disiplin dan kegigihan belajar mahasiswa itu sendiri. Kalau belajarnya asal-asalan dan kapan-kapan, ya nilai juga akan asal-asalan dan lulus juga akan kapan-kapan. Tidak sedikit mahassiwa UT yang lulus tepat waktu. Misalnya 8 semester atau 4 tahun utnuk Program S1 dan 4 Semseter atau 2 tahun untuk Program S2.
  • Apabila ada orang yang pernah kuliah di UT berbicara seperti itu Anda tanya saja : "Apakah dia mempelajari modul dan sumber lain dan melakukan kegiatan belajar lainnya ketika kuliah di UT? Apakah dia mengikuti tutorial (tatap muka atau online) dengan teratur? Pasti jawabanya tidak.
Tidak hanya di Indonesia. Dengan nama yang berbeda-beda, pendidikan tinggi dengan sistem PJJ seperti UT juga di selenggarakan di hampir 80 negara.
Di UT ada 4 fakultas yaitu fakultas Matematika dan Ilmu dan Pengetahuan Alam (FMIPA) Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), dan Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan(FKIP), serta Program Pasca Sarjana.
Program Sertifikat, yang terdiri atas : Terdapat program sertifikasi yang bernama:
  • Program Pendidikan berkelanjutan (PBB), dalam bidang Administrasi Pemerintahan Desa (APD). Penulisan Karya Ilmiah untuk guru (PKGI), Ketatausahaan Sekolah (KS), Statiska Pemerintahan (SP), Akutansi Keuangan Daerah (AKD).Pengelolaan Keuangan Sekolah, Diklat Guru Pendidikan Usia Dini, dan Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing Online (BIPA online).
  • Program matakuliah mandiri (PMKM).
  • Program edukasi gratis bagi masyarakat secara online yang disebut dengan Massive Open Online Courses atau MOOCs. (dapat diakses pada laman moocs.ut.ac.id).
Program Online adalah layanan pembelajaran berbasis teknologi informasi (TIK) mulai dari pendaftaran atau registrasi, bahan ajar dan sumber belajar yang bersifat digital, kegiatan belajar melalui tutorial online, dan bahkan ujian pun dapat dilakukan secara fully online di kantor UPBJJ-UT. Mahasiswa melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan interner dan materi belajar multimedia. Mahasiswa tidak memperoleh bantuan belajar tatap muka.
  • Program S1 online yang telah dibuka sejak tahun 2016 adalah Program Sarjana : Manajemen (FEKON/FE), Matematika (FMIPA), Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemah (FISIP), dan pendidikan Matematika (FKIP).
  • Proram S2 online yang telah dibuka adalah Program Magister : Ilmu administrasi bidang minat Administrasi Publik, Manajemen bidang minat Keuangan, Ilmu kelautan bidang minat Manajemen Perikanan dan Pendidikan Matematika.
Semua warga negara Indonesia yang minimal telah lulus SLTA/Sederajat, termasuk lulusan SMK/SMK, MA (Madrasah Aliyah) dan MAK (Madrasah Aliyah Kejuruan)' SMA Terbuka Paket C, dan Muadalah Setara MA (yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Mentri Agama RI).
Boleh, Saat ini cukup banyak mahasiswa yang sedang kuliah di PTN/PTS yang dalam waktu bersamaan mengambil kuliah juga di UT. Misalnya di PT lain mereka mengambil program S1 manajemen di UT mereka mengambil S1 akutansi. ada lagi, di PT lain mereka mengambil jurusan Hubungan Internasional, di UT mengambil Program S1 Ilmu Hukum .
Boleh. kami menerima surat keterangan lulus dari SMA/Sederajat terkait dengan cap basah, dan setelah ijazah dan transkrip nilai keluar sesegera mungkin kumpulkan kepada pihak administrasi UPBJJ-UT agar tidak terdapat kendala pada saat perkuliahan di UT.
Pendaftaran baru mahasiswa baru UT dilakukan pada setiap semester, yaitu sekitar bulan Desember - Januari dan Juni - Juli (lihat di kalender akademik pada website UT www.ut.ac.id).
Bisa, Datanglah ke kantor perwakilan RI terdekat (KBRI/KJRI/KRI/KDEI), kunjungi website UPBJJ-UT. Layanan Luar Negeri di luarnegeri.ut.ac.id atau hubungi melalui email dengan alamat luarnegeri@ecampus.ut.ac.id atau hubungi Hallo-UT di 1500024 (tambahkan awalan 021 jika terkendala, +6221 Jika di luar negeri).
Sampaikan perubahan data pribadi ke UPBJJ dengan melampirkan formulir perubahan data pribadi pada katalog UT dan berkas pendukung (Akta lahir atau Ijazah).
Dalam memilih Program studi/Jurusan pertimbangkan minat, rencana karir kedepan, dan kebutuhan lingkungan pekerjaan, jangan memilih program studi karena pertimbangan yang paling gampang atau menghindari yang paling susah. Karena setiap program studi memiliki karakter dan tingkat kesulitan masing-masing.
  • Pastikan Anda telah memiliki pilihan jurusan/program studi yang akan diambil.
  • Siapkan berkas-berkas pendaftaran yang di perlukan.
  • Rencanakan pilihan jenis layanan yang akan diambil, apakah berupa paket matakuliah per semester (disebut sistem paket semester atau SIPAS) ataukah Anda merancang sendiri matakuliah yang diambil per semester berdasarkan kebutuhan Anda (disebut Non Sistem Paket Semester atau Non-SIPAS). Khusus untuk Program studi S1 PAUD, S1 PGSD serta Program S2, matakuliah per semester telah dirancang UT sebagai paket atau SIPAS.
Iya, Data mahasiswa dan lulusan UT terekam di PD DIkti.
Bagi mahasiswa yang mendaftar dengan Paket Semester, bahan ajar cetak sudah termasuk SPP. Anda otomatis akan memperoleh bahan ajar cetak tersebut melalui UPBJJ-UT. Namun, bagi mahasiswa yang mendaftar denagn non-paket semester, Anda harus memesan dan membayar sendiri bahan ajar cetak tersebut melalui Toko Buku Online (TBO) denagn alamat http://tbo.karunika.co.id/ Jika Anda kesulitan melakukanya, silahkan hubungi UPBJJ-UT atau Sentra Layanan UT (SALUT) untuk meminta bantuan.
Bahan ajar cetak dapat dipesan melalui TBO paling cepat 1 minggu setelah pelaksanaan UAS semester sebelumnya.
Ya, penyempurnaan/perbaikan bahan ajar dilakukan antara 5-7 tahun. Bahkan untuk mata kuliah tertentu perbaikan dilakukan sebelum 5 tahun. Karena itu, ketikan Anda menggunakan bahan ajar, pastikan bahwa bahan ajar itu adalah yang terbaru
  • Beasiswa Bidikmisi (Kemenristek Dikti) dan CSR (Perusahaan/Badan/Lembaga) bagi yang baru lulusan SLTA/Sederajat (1-2 tahun terakhir), yang memiliki prestasi/potensi bagus, tetapi terbatas secara ekonomi.
  • Beasiswa prestasi bagi mahasiswa yang sudah menempuh minimal 2 semester kuliah di UT. Sumber beasiswa : BBM/PPA (Kemenristek Dikti), Ikatan Alumni (IKA) UT, dan perusahaan.
  • Beasiswa pegawai dari pemerintah pusat dan daerah, perusahaan dan yayasan untuk para pegawainya yang kuliah di UT.
  • Untuk mendapatkan beasiswa bagi yang lulus SLTA/Sederajat (Bidikmisi, CSR). Perolehan beasiswa dilakukan melalui seleksi khusus oleh UPBJJ-UT atau tes melalui ujian masuk bersama perguruan tinggi (UMB-PT) dan P-SPMBN.
  • Untuk beasiswa prestasi mahasiswa dengan IPK yang bagus mengajukan usulan perolehan beasiswa kepada UT pada setiap semester pengumuman pembukaan beasiswa dapat di lihat pada website UT www.ut.ac.id .
  • Beasiswa pegawai diajukan sendiri oleh mahasiswa/calon mahasiswa kepada institusi tempat dia bekerja.
UT telah menyiapkan kurikulum paket untuk 8 semester bagi program S1/D4 dan 4 semester untuk program S2. Tapi, apakah mahasiswa akan selesai kuliahnya tepat waktu, tergantung pada motivasi ketekunan, dan daya juangnya.
Tidak ada, kami tidak mendrop out mahasiswa yang jangka perkuliahannya terlalu lama.
UT tidak mengenal cuti kuliah. Apabila istirahat dalam perkuliahan, mudah saja : jangan melakukan registrasi pada awal semester. Secara otomatis, sistem di UT akan menganggap Anda cuti kuliah.
Tidak. Registrasi lagi saja dan bayar SPP yang akan ditempuh,
Terserah Anda. Data Anda akan tetaptersimpan dalam pangkalan data UT. Tetapi, semakin lama Anda cuti kuliah, semakin besar kemungkinan terjadinya perubahan kurikulum yang mengakibatkan Anda harus mengambil matakuliah baru yang tidak ada pada kurikulum sebelumnya.
Anda tinggal melakukan registrasi matakuliah pada semester berjalan dengan memakai NIM yang telah Anda miliki.
Ya, namanya Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB). yang dilaksanakan di awal semester di kantor UPBJJ-UT dan/atau tempat lain yang telah ditentukan. Usahakan Anda mengikutinya, karena OSMB ini sangat penting. Jangan lupa tanyakan jadwal dan lokasi OSMB ke UPBJJ-UT.
Ada, yaitu pengembangan bakat, minat, dan penalaran. Seperti : Disporseni, (DIskusi Ilmiah, Pekan Olahraga dan Seni). Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM). Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa (LKTM). Seminar : Kewirausahaan, Bakti Sosial, Fotografi, Pelatihan Mahasiswa, dsb. Ragam kreatifitas mahasiswa bervariasi antar UPBJJ-UT.
  • Tutorial adalah interaksi belajar mahasiswa yang dipandu oleh seorang tutor untuk membantu mahasiswa dalam memahami materi yang telah dipelajari secara mandiri oleh mahasiswa sebelum tutorial.
  • Tutorial terdiri atas:
    1. Tutorial Tatap Muka (TTM). Interaksi belajar sekelompok mahasiswa dan tutor yang dilaksanakan pada hari dan jam.
    2. Tutorial online (TUTON). Interaksi belajar antara mahasiswa dan tutor yang dilakukan secara online (melalui internet) dalam jangka waktu tertentu.
  • Tutorial untuk setiap matakuliah dilakukan dalam 8x pertemuan dengan 3 tugas tutorial (pada pertemuan atau inisiasi ke3, ke5, dan ke7).
  • Keaktifan dan tugas tutorial berkontribusi terhadap nilai akhir matakuliah.
Tutor adalah tenaga pendidik atau praktisi yang memiliki latar belakang pendidikan dan keahlian terkait matakuliah tertentu, yang bertugas memimpin, memotivasi, dan mengarahkan interaksi belajar mahasiswa dalam tutorial, baik tutorial tatap muka ataupun tutorial online.
  • Ada, untuk matakuliah yang mewajibkan penguasaan keterampilan praktik/praktikum.
  • Praktik/Praktikum ada yang bersifat mandiri (dilakukan mahasiswa sendiri/berkelompok dengan mengacu pada panduan praktik/praktikum yang tersedia, dan ada praktik/praktikum terbimbing yang dilakukan di bawah bimbingan instruktur di tempat yang sudah ditetapkan oleh UPBJJ-UT.
  • Komponen penilaian setiap matakuliah pada umumnya terdiri atas,: partisipasi aktif mahasiswa dalam tutorial, tugas tutorial, dan UAS.
  • Untuk matakuliah tertentu, komponen penilaian berupa tugas praktik/praktikum, laporan praktik/praktikum, dan/atau tugas matakuliah (denagn atau tanpa UAS).
  • Tidak ada ujian susulan, jika tidak mengikuti UAS, maka Anda harus melakukan registrasi ulang matakuliah tersebut pada semester berikutnya.
  • Jika jauh sebelum pelaksanaan UAS Anda sudah memperkirakan tidak dapat mengikuti UAS sesuai dengan jadwal, Anda dapat mengikuti UAS secara online yang dilaksanakan sekitar 2 minggu setelah UAS di kantor UPBJJ-UT. Anda harus daftar terlebih dahulu.
Itu disebut Numpang Ujian. Tentu bisa. Jangankan di beda kota, atau provinsi, di luar negeri juga bisa. Tetapi, mahasiswa harus meminta surat pengantar dari UPBJJ-UT setempat asal (tempat ujian yang telah di registrasikan) dan harus menginformasikan ke UPBJJ-UT tujuan minimal 15 hari sebelum pelaksanaan ujian.
Tentu saja mempelajari bahan ajar matakuiah dengan baik, perlengkapan matakuliah yang harus dibawa adalah: Kartu Tanda Peserta Ujian/KTPU (dapat di peroleh di UPBJJ) atau sentra layanan UT (SALUT), atau cetak sendiri dari website www.ut.ac.id di tautan UT Online > Registrasi Online (sro.ut.ac.id), Kartu identitas seperti KTP/SIM, pensil 28, serutan, juga kalkulator (tidak boleh menggunakan kalkulator HP) dan bahan ajar cetak (tidak boleh bahan ajar digital) matakuliah untuk ujian yang membolehkan membuka bahan ajar atau modul.
Diantaranya :
  • Jangan membawa dan menggunakan HP.
  • Jangan mencontek atau bekerja sama karena akan terkena hukuman E.
  • Jangan mencoba-coba memakai joki karena akan mengakibatkan seluruh matakuliah pada semester yang diikuti bernilai E dan sangsi akademik lainnya.
  • Hasil ujian dapat dilihat secara online pada halaman www.ut.ac.id/nilaimatakuliah sesuai jadwal di kalender akademik.
  • Daftar Nilai Ujian (DNU) dapat dicetak sendiri dari website www.ut.ac.id di tauran UT Online > Registrasi Online atau memintanya kepada UPBJJ-UT dan Sentra Layanan UT (SALUT).
Tidak ada.
  • Mahasiswa yang nilai matakuliahnya tidak lulus (E) atau buruk (D) dan ingin diperbaiki harus melakukan registrasi ujian ulang.
  • Pelaksanaan Ujian Ulang dapat dipilih secara online (sekitar bulan Agustus - Oktober untuk program sajana dan diploma FEKON (FE), FISIP, FMIPA dan FKIP, serta September - Oktober dan November untuk Program S1 PGPAUD), atau bersamaan dengan UAS tertulis di akhir semester.
  • Upayakan nilai setiap matakuliah minimal B kalau ada yang bernilai C, maka matakuliah lain harus ada yang bernilai A. Caranya : kuasai kompetensi mata kuliah dengan baik dengan belajar secara teratur dan buat rangkuman bacaan. Juga, lakukan latihan, diskusi dengan teman - teman, dan ikut tutorial.
  • JIka ada matakuliah yang bernilai D, apalagi E, dan terlalu banyak yang bernilai C, lakukan segera ujian ulang mata kuliah tersebut di semester-semester berikutnya. Jangan menumpuk ujian ulang di semester terakhir. Anda dapat mengulang ujian melalui ujian online atau di akhir semester.
  • Tapi, ingat seberapa seringpun Anda mengulang. nilai Anda tidak akan menjadi lebih baik apabila tidak belajar dengan sungguh-sungguh.
Nilai yang muncul pada lembar kemajuan akademik mahasiswa (LKAM) atau transkrip adalah nilai terbaik.
  • Untuk program S1/D4 tidak ada skripsi. Tugas akhir mahasiswa adalah Tugas Akhir Program (TAP), Karya Ilmiah dan khusus untuk FKIP ditambah dengan tugas pemantapan kemapuan Profesional (berbasis penelitian tindakan kelas).
  • Untuk Program S2 ada TAPM (Tugas Akhir Program Magister) atau tesis.
  • Boleh. Itu disebut penguguran matakuliah untuk matakuliah.
  • caranya : ajukan permohonan penguguran matakuliah kepada dekan fakultas terkait dengan melampirkan formulir yang terisi (Contoh formulir dapat dilihat pada katalog) paling lambat 1 (satu) semester sebelum penetapan kelulusan.
Bisa. Penundaan penetapan kelulusan hanya dapat dilakukan satu kali selama masa studi dan hanya berlaku maksimal 1 tahun. caranya :
  • Untuk program S1/Diploma, permohonan diajukan 1 semester sebelum yudisium kepada dekan fakultas masing-masing dengan menggunakan formulir yang terdapat di katalog.
  • Untuk Program S2 permohonan penundaan kelulusan di ajukan kepada direktur pasca sarjana dengan melampirkan formulir dalam katalog paling lambat pada saat mahasiswa menyerahkan TAPM atau final TAPM yang sudah diperbaiki setelah ujian sidang.
  • Hubungi UPBJJ-UT tempat anda meregistrasi.
  • Sampaikan di Sistem Layanan Informasi Universitas Terbuka di: halaman https://hallo-ut.ut.ac.id Email : hallo-ut@ut.ac.id Call Center : (021) 1500024 atau SMS : 08119050024.
  • Jangan menumpuk atau menunda permasalahan atau pertanyaan. Segera hubungi UPBJJ-UT atau Hallo UT.
  • Urut dan lakukan sendiri. Jangan mengandalkan orang lain termasuk pengurus kelompok belajar.
  • Pantau terus respon atas pertanyaan atau permasalahan ANda. jika dirasa lambat, segera cek dan hubungi kembali.
  • Program Sarjana S1 :
    1. Lulus semua matakuliah yang dipersyaratkan (tanpa nilai E).
    2. Lulus TAP dengan nilai minimal C.
    3. IPK minimal 2.00 (Khusus S1 PGPAUD minimal 2.25).
    4. Khusus Program kependidikan, nilai matakuliah pemantapan kemampuan mengajar (PKM)/pemantapan kemampuan profesional (PKP) minimal B.
    5. Khusus program S1 Agribisnis Bidang Minat penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, nilai Praktik Kerja Lapangan (PKL) minimal C.
  • Program Diploma : 
    1. Lulus semua matakuliah yang dipersyaratkan (tanpa nilai E).
    2. IPK minimal 2.00.
    3. Khusus program perpustakaan dan kearsipan, nilai matakuliah praktik kerja perpustakaan  dan kearsipan, minimal C.
  • Program Magister (S2) :
    1. Telah menyelesaikan seluruh matakuliah yang dipersyaratkan dalam paket I, II dan III dengan nilai rata-rata B tanpa nilai D dan E.
    2. Tidak memiliki nilai C lebih dari 2 matakuliah.
    3. Nilai matakuliah MAPU5103/MAPO5103, EKMA5104/EKMO5104, MIPK5201, MMPI5202, MPMT5203/MPMO5203, atau MPDR5103 minimal B.
    4. Memiliki nilai indeks prestasi (IPK) minimal 3.00
    5. Memilki nilai ujian sidang TAPM/Tesis minimal B.
    6. Menyerahkan TAPM final hasil perbaikan setelah Ujian Sidang dan artikel ilmiah dalam bentuk (hardcopy dan softcopy) yang akan di unggah pada halaman UT.
UT Pusat melalui BAKP-UT akan mengirimkan surat dan SK Yudisium ke alamat mahasiswa yang telah dinyatakan lulus.
Pada saat wisuda di UT Pusat atau Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) di UPBJJ-UT.
Bisa, silahkan hubungi UPBJJ-UT tentang ketersediaan Ijazah/transkrip nilai Anda.
Tidak bisa, kecuali Anda mengikuti Wisuda. Ijazah diambil di UPBJJ-UT.
Tidak ada biaya karena biaya Wisuda/UPI sudah tercakup dalam SPP.
Kriteria calon peserta Wisuda di UT Pusat: lulus pada periode wisuda tersebut, memiliki IPK terbaik, dan sesuai kuota per UPBJJ-UT. Calon perserta wisuda akan mendapatkan surat undangan khusus dari Rektor.
Ada, namanya Ikatan Alumni UT (IKA-UT). Pada saat wisuda atau UPI, Anda akan diperkenalkan dengan pengurus IKA-UT, dan Anda akan diminta untuk menjadi anggota. Untuk mengenal IKA-UT silahkan akses di laman alumni-ut.ut.com 
tergantung tujuan, jenis bacaan dan tingkat pengenalan Anda dengan isi bacaan sebelumnya
  • Macam.macam. Setiap orang boleh emnggunakan gaya belajar atau gaya baca yang paling nyaman. ada yang sambil mendengarkan musik. ada pula yang harus sepi. ada yang sambil bicara sendiri, dsb.
  • Yang harus Anda hindari adalah membaca sambil tiduran, baik telentang atau tengkurap.
Ya, banyak. Salah satunya adalah emtode SQ3R ini, kita gunakan modul atau Buku Materi Pokok (BMP) IDIK 4007 Metode penelitian, yang ditulis oleh Durri Andriani, dkk.
Langkah kedua ialah Q (Question), yaitu membuat pertanyaan-pertanyaan untuk memandu membaca berdasarkan judul/subjudul bacaan. Fungsinya untuk membantu pembacamengarahkan kegiatan bacanya dengan menemukan jawaban atas pertanyaan yang telah dibuat sebelum kegiatan membaca.
Contoh:
Pada kegiatan belajar (KB) 3 'perumusan hipotesis', Modul 1, MK IDIK4007 Metode penelitian terdapat subjudul: (1) Perumusan Hipotesis, (2)Karakteristik hipotesis yang baik, (3) Jenis Hipotesis, dan (4) Konsekuensi Pemilihanm setiap jenis hipotesis.

Dari sub-sub judul dalam KB tersebut, Andap dapat membuat pertanyaan pemandu membaca seperti berikut.
  • Apa yang dimaksud dengan hipotesis?
  • Seperti apa hipotesis yang baik?
  • Apa saja jenis hipotesis?
  • Apakah konsekuensi pemilihan setiap jenis hipotesis?
Langkah ketiga ialah R1 (Read), yaitu kegiatan membaca keseluruhan bacaan untuk mencari jawaban atas pernyataan di atas tentang:
  • Bagaimana cara membaca modul yang efektif?
  • Bagaimana caranya supaya dapat membaca cepat dengan baik?
Langkah keempat ialah R2 (Recire) yaitu mengungkapkan atau emnceritakan kembali secara singkat teks yang sudah di baca dengan bahasa sendiri tanpa melihat mpdul, dengan cara menjawab pertanyaan yang Anda buat pada langkah kedua (Question)

Pada langkah ini pula Anda dapat membuat rekaman bacaan dalam bentuk rangkuman/ringkasan, outline atau peta Konsep (pengertian masing-masing cara merekam hasil baca akan dijelaskan kemudian)

Berikut adalah contoh rangkuman hasil baca (Langkah Kedua: Read) yang bersumber dari Kegiatan Belajar (KB) 3 'Perumusan Hipotesis', Modul 1, MK 'IDIK 4007 Metode Penelitian.
Rekam hasil baca dapat menggunakan berbagai cara diantaranya dalam bentuk:
  • Rangkuman
  • Outline
  • Peta
Langkah terakhir R3 (Review) ialah membaca kembali catatan dan pertanyaan-pernyataan dan jawaban yang sd=udah dibuat. Jika ada yang belum jelas atau belum dipahami, Anda dapat mengulang kembali bagian tersebut
  • Pertanyaan yang bagus. Inilah kesulitan yang paling banyak dialami mahasiswa dalam membaca. Ketika selesai membaca satu modul/BMP lain, mereka lupa apa yang sudah dibaca sebelumnya. Mengapa itu terjadi:
    • Pertama, memori atau daya ingat menusia terbatas. Karena itu tadi diingatkan untuk tidak membaca dengan niat menghapal bacaan.
    • Kedua, semakin dewasa, persoalan yang dihadapi semakin banyak dan kompleks
  • Solusinya adalah: Rekam hasil baca Anda agar apa yang sudah dibaca tidak hilang begita saja dan tidak perlu emmbaca ulang semua isi modul/BMP yang sudah dibaca
Merekam hasil baca adalah menuliskan kembali hal-hal penting dari suatu bacaan dalam berbagai bentuk dengan bahasa anda sendiri
  • Siapkan buku catatan, potongan kartu, atau potongan kertas HVS (satu lembar dapat dibagi empat atau dua potong).
  • Gabungkan sekitar 20-25 potongan kartu atau kertas emnjadi satu dan ikat dengan penjepit untuk merekam bacaan setiap BMP mata kuliah
  • Lembar depan jadikan sebagai halaman cover identitas, dan tuliskan judul buku, nama penulis, tahun terbit, dan nama penerbit
  • pada setiap halaman rekaman hasil baca, tuliskan judul modul dan kegiatan belajar.
  • Tuliskan ide-ide/ bagian penting bacaan dan hasil pemahaman anda:
    • Pada setiap halaman potongan kartu/ Potongan kertas HVS,
    • Cantumkan pula nomor halaman BMP yang Anda rangkum agar kalau lupa/ bingung dari maksud yang anda tulis akan mudah melacaknya dalam BMP
    • Manfaatkan hasil penandaan bacaan (garis bawah atau stabilo) yang sudah dilakukan saat emmbaca atas bagian-bagian penting dan catatan dihalaman bacaan
Ingat: Simpanlah dengan baik hasil rekaman bacaan Anda. Jangan Sampai Hilang.

Syarat mahasiswa yang sudah berhak mengikuti TAP yaitu :
A. Mahasiswa FE, FHISIP dan FMIPA
1. Telah lulus minimal n-35 sks; n adalah jumlah sks yang harus ditempuh sesuai dengan persyaratan program studi
2. IPK minimal 2,00 dihitung dari n-35
3. khusus prodi S1 Akuntansi telah menempuh mata kuliah EKSI4414 (Laboratorium Auditing)

B. Mahasiswa FKIP
1. Telah lulus minimal n-19 sks; n adalah jumlah sks yang harus ditempuh sesuai dengan persyaratan program studi
2. IPK minimal 2,00 dihitung dari n-19
3. Telah lulus mata kuliah IDIK4008, Nilai PKM dan nilai Praktikum minimal C

  • Memudahkan penegcekan dan pengingatan kembali hasil baca tanpa harus emmbaca keseluruhan buku atau modul yang sudah di baca sebelumnya.
  • Ketika anda akan menghadapi ujian, Anda tidak perlu membaca ekmbali seluruh modul/BMP. Kecuali, jika ada bagian yang tidak jelas dari hasil rekaman bacaan Anda
  • Anda dapat membawa dokumen rekaman itu kemanapun anda pergi untuk dipelajari kapanpun dan dimanapun
  • Ketika akan menghadapi Tugas Akhir Program (TAP) menjelang semester terakhir yang sumbernya berasal dari sejumlah BMP mata kuliah, Anda tinggal mempelajari kembali hasil rekaman bacaan Anda
  • Ketika akan membuat karya ilmiah di akhir semester, Anda pun dapat membaca ulang BMP hanya melalui hasil rekaman bacaan tanpa membaca ulang seluruh BMP
Permohonan alih kredit ditujukan kepada Dekan Fakultas terkait melalui Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan (BAKP) UT dengan melampirkan :
  • Formulir pengajuan alihkredit
  • Copy Ijazah dan Transkrip Nilai yang telah dilegalisir dan deskripsi mata kuliah (untuk alih kredit dari PT lain ke UT
Formulir dapat dilihat di katalog UT pada laman www.ut.ac.id pada tautan Tentang UT > Katalog & Formulir > Formulir

Hasil baca dapat direkam melalui salah satu bentuk berikut.
  • Rangkuman
  • Outline
  • Peta
Rangkuman merupakan bentuk singkat dari sebuah teks atau bacaan, yang berisi ide-ide pokok atau hal-hal penting dari isi suatu bacaan.
  • Membaca naskah asli
  • Mencatat gagasan utama
  • Menuliskan rangkuman
    • Susun rangkuman dalam kalimat tunggal
    • Buang ilutrasi, deskripsi dan contoh apabila di anggap tidak penting
    • Buang kata sifat atau kata keterangan
    • Susun gagasan utama sesuai susunan pada text aslinya
  • Rangkuman masih tetap mempertahankan urutan pikiran dan pendekatan teks
  • Rangkuman tidak mengandung hal baru dan opini dari penulis rangkuman
  • Panjang rangkuman sesuai dengan kebutuhan masing-masing
Outline atau re-outline adalah menuliskan kembali hasil baca dalam bentuk kerangka isi bacaan, alam bentuk pokok-pokok pikiran dan rinciannya atau pokok-pokok bahasan, subpokok bahasan dan rinciannya
  • Peta konsep: suatu alat (dapat berupa skema) yang digunakan untuk menyatakan hubungan yang bermakna antara konsep-konsep dalam bentuk proposisi-proposisi. (Novak dan Gowin 1985:15)
  • Proposisi merupakan gabungan dua konsep atau lebih yang dihubungkan oleh kata-kata penghubung.
  • Suatu peta konsep dapat terdiri dari dua konsep yang dihubungkan oleh satu kata penghubung untuk membentuk satu proposisi
  • Identifikasi konsep utama yang ada di modul atau bahan plajaran lainnya
  • Tulis konsep utama ini dengan menggunakan Huruf Kapital
  • Identifikasi semua konsep pendukung yang relevan dengan konsep utama
  • Hubungkan semua konsep pendukung dengan konsep utama dan/atau antar konsep pendukung
  • Tanyakan kepada tutor rencana materi tutorial setiap pertemuan.
  • Pelajari materi modul yang akan ditutorialkan. Ingat metode SQ3R
  • Beri tanda konsep atau penjelasan dalam modul yang tidak dipahami untuk di tanyakan kepada tutor atau teman di kelas tutorial dalam TTM atau pada forum diskusi untuk tuton.
  • Aktiflah dalam tutorial. Tidak hanya bertanya tetapi juga berbagi pemahaman
  • Tugas yang harus dikerjakan oelh mahasiswa selama mengikuti tutorial
  • Setiap mata kuliah ada 3 tugas tutorial
  • Nilai tugas tutorial tatap muka berkontribusi 50?n nilai tutorial online berkontribusi 30% terhadap nilai akhir mata kuliah
  • Iya, namanya Tugas Tutorial, yang harus dikerjakan oleh mahasiswa
  • Tugas tutorial ada tiga, yang diberikan pada pertemuan/inisiasi ke-3, ke-5 dan ke-7
  • Nilai tutorial berkontribusi terhadap nilai mata kuliah. Sebanyak 50% untuk TTM dan 30% untuk tuton, dengan catatan nilai UAS yang benar minimal 30%
  • pahami/kuasai konsep-konsep pokok dalam setiap modul
  • kerjakan semua tugas dengan tuntas dan benar sesuai dengan petunjuk setiap tugas
  • Serahkan hasil pengerjaan tugas kepada tutor sesuai dengan jadwal
  • Kerjakan tugas tutorial secara mandiri
  • Tugas hasil jiplakan atau contekan sehingga serupa dengan tugas mahasiswa lain berpotensi dianggap gagal dan diberi nilai O
  • Soal Tugas Tutorial umumnya berbentuk uraian, yang tidak persis sam adengan soal UAS
  • Namun, penguasaan konsep-konsep penting dalam Tugas Tutorial akan memudahkan mahasiswa dalam menghadapi UAS
  • UAS dan Ujian Akhir Semester adalah penilaian penguasaan hasil belajar mahasiswa atas suatu mata kuliah
  • Soal UAS berbentuk pilihan ganda (tes Objektif), atau essai.
  • Materi UAS bersumber dari konsep-konsep penting seluruh modul/BMP mata kuliah
  • Pelajari dan kuasai konsep-konsep penting dalam modul/BMP mata kuliah yang diujikan. Bagi yang sudah merekam hasil baca, pelajari rekaman hasil baca Anda
  • Hindari membaca sekaligus semua modul/BMP saat saat menjelang ujian. Hal ini akan membuat panik dan tidak percaya diri. Mengapa? Karena begitu banyak hal yang harus dipelajari dan dipahami
  • Berlatih mengenali dan mengerjakan soal dengan menggunakan LM yang dapat di unduh dalam website UT
  • Persiapkan alat-alat tulis: balpoin, Pensil 2B, rautan pensil, penghapus, Kartu Tanda Peserta Ujian (KTPU), KTP/SIM, Kartu mahasiswa dan kalkulator/Kamus untuk ujian mata kuliah yang memperbolehkan penggunaan kalkulator dan kamus.
  • Istirahat yang cukup agar dapat mengikuti ujian dengan prima
  • Tiba ditempat ujian paling lambat 30 menit sebelum ujian dilaksanakan
  • Tempatkan tas, modul/BMP dan handphone didepan kelas
  • Bacalah petunjuk yang terdapat pada cover soal
  • Cek nama anda, nomor ujian dan NIM yang tertera pada sampul, dan cocokan dengan KTPU, kartu mahasiswa dan daftar hadir yang diedarkan oleh pengawas
  • Cermati waktu UAS untuk mata kuliah tersebut dna jumlah butir soal yang tercantum pada sampul
  • Cocokan jumlah seluruh butir soal dari halaman 1 s.d terakhir. Jika terdapat ketidakcocokan, maka Anda dapat memberitahukan pengawas untuk dicatat
  • Isilah dengan benar identitas pada Lembar Jawaban Ujian (LJU) atau Buku Jawaban Ujian (BJU)
  • Tandatangan pada kolom yang tersedia. Tandatangan Anda pada lembar jawaban dan soal harus sama dengan tanda tangan pada Dagtar hadir
  • Bangun kepercayaan diri bahwa Anda mampu mengerjakan UAS dengan baik
  • Mulailah membaca dengan cermat soal demi soal, kemudian jawablah pada soal yang anda yakin benar jawabannya
  • Kerjakan dulu soal yang mudah dan Anda yakin dapat menjawabnya
  • Baca ulang soal yang belum terjawab dengan cermat
  • Cek kembali keterisian dan kebenaran seluruh soal yang telah Anda kerjakan
  • Hindari selama UAS hal-hal yang menyebabkan Anda gagal ujian karena mendapat hukuman, yaitu:
    • Menggunakan joki yang mengakibatkan semua mata kulah semester itu terkena hukuman E
    • Mencontek atau  bekerjasama, termasuk membocorkan jawaban soal kepada teman (Hukuman E-H)
    • Hindari penggunaan handphone saat ujian
Syarat Kelulusan mahasiswa UT adalah :
A. Program Sarjana
1. Lulus semua mata kuliah yang dipersyaratkan (tanpa nilai E)
2. Lulus TAP dengan minimal C
3. IPK minimal 2,0 kecuali untuk S1 PGPAUD IPK minimal 2,25
4. Nilai minimal B untuk matakuliah PKM dan PKP (FKIP)
5. Nilai minimal C untuk matakuliah :
    - Praktikum Prodi Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Kimia (FKIP)
    - Praktek Kerja Lapangan (PKL) Program S1 Agribisnis (FMIPA)
    - Praktik Pengalaman Beracara Program S1 Hukum (FSIHIP)
6. Mahasiswa tidak sedang melakukan regsitrasi mata kuliah pada saat penetapan kelulusan dan tidak ada masalah administrasi akademik (pembayaran paket tertinggal, kelengkapan berkas regsitrasi)

B. Program Diploma
1. Lulus semua mata kuliah yang dipersyaratkan (tanpa nilai E)
2. IPK minimal 2,0
3. Nilai minimal C untuk matakuliah :
    - Praktik Kerja Perpustakaan dan Praktek Kerja Kearsipan Program Perpustakaan dan Kearsipan (FHISIP)
4. Mahasiswa tidak sedang melakukan regsitrasi mata kuliah pada saat penetapan kelulusan dan tidak ada masalah administrasi akademik (pembayaran paket tertinggal, kelengkapan berkas regsitrasi).
Tidak bisa, Uang kuliah yang telah dibayarkan tidak dapat dialihkan ke semester berikutnya.
Mahasiswa UT tidak dibenarkan memiliki lebih dari satu NIM atau memiliki lebih dari satu kartu mahasiswa.
Merekam hasil baca adalah menuliskan kembali hal-hal penting dari suatu bacaan dalam berbagai bentuk dengan bahasa anda sendiri
Bila terkendala dalam pengisian formulir kesediaan mengikuti tuton,
mohon saudara untuk masuk ke akun https://sia.ut.ac.id/ >> Registrasi >> Registrasi mata kuliah >> Update reg tuton >> klik cari >> lihat mata kuliah >> lalu cek apakah sudah dicentang atau belum. Jika belum, maka saudara centang lalu simpan dan tunggu beberapa waktu untuk mengklik formulir kesediaan tuton akun elearning saudara
Ada, Surat ucapan selamat dari Rektor untuk mahasiswa yang telah dikukuhkan kelulusannya diumumkan melalui website UPBJJ-UT masing-masing dan dikirim ke mahasiswa sesuai dengan alamat yang tercantum pada Data Pribadi Mahasiswa.
  • SIPAS Plus adalah sistem paket yang termasuk OSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar cetak dan digital, TTM Wajib seluruh mata kuliah, Pelatihan Pengembangan Diri, praktik/praktikum, tuton, UAS, TAP, karil, wisuda/UPI/PI. Sipas plus diperuntukan untuk program beasiswa atau kerjasama
  • SIPAS Penuh adalah sistem paket yang termasuk OSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar cetak dan digital, TTM Wajib seluruh mata kuliah, praktik/praktikum, tuton, UAS, TAP, karil, wisuda/UPI/PI.
  • SIPAS Semi adalah sistem paket termasuk OSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar cetak dan digital, TTM wajib maksimal 3 Mata kuliah paket, praktik/praktikum, tuton, UAS, TAP, Karil, wisuda/UPI/PI.
  • SIPAS Online adalah sistem paket Full Online yang meliputi OSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital, praktik/praktikum online, tuton, UAS Online, TAP, Karil, wisuda/UPI/PI. Sipas Online hanya ditawarkan untuk Program Studi:
    • Manajemen
    • Matematika
    • Pendidikan Matematika
    • Sastra Inggris bidang minat penerjemahan
  • SIPAS Non TTM adalah sistem paket termasuk OSMB, layanan akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar cetak dan digital, praktik/praktikum seluruh mata kuliah paket, Tutorial Online (Online), Ujian Akhir Semester (UAS), Tugas Akhir Program (TAP), Karya Ilmiah (Karil), Wisuda/Upacara Penyerahan Ijazah (UPI)/ Pengambilan Ijazah (PI).

Keterangan:
  1. Jumlah peserta SIPAS Plus, Penuh, dan Semi minimal 25 mahasiswa/kelas. Kecuali Sipas Non TTM
  2. SIPAS Plus hanya ditawarkan untuk mahasiswa bidikmisi (beasiswa) dan kerja sama
  3. Jumlah peserta TTM Atpem minimal 20 mahasiswa per kelas
  4. SIPAS mahasiswa layanan luar negeri belum termasuk biaya pengiriman Bahan Ajar

Bagi mahasiswa yang telah melakukan Registrasi Tuton dan akun Tutonnya masih Aktif tetapi tidak mengisi Form Kesediaan Mengikuti Tuton pada batas waktu yang ditetapkan maka yang bersangkutan akan disertakan dalam kelas Tuton.  Penyertaan mahasiswa ke dalam kelas Tuton dengan permasalahan di atas memerlukan cukup waktu untuk pembentukan kelas-kelas Tuton baru, enrol mahasiswa ke dalam kelas Tuton, dan penyediaan tutor mata kuliah. Sungguh pun demikian, kami akan berupaya agar mahasiswa dapat mulai mengakses dan mengikuti kelas Tuton.
Dengan demikian, mahasiswa masih dapat mengakses dan mengikuti Diskusi Tuton Sesi Pertama karena setiap diskusi telah diset secara otomatis berlangsung dalam jangka 2 (dua) minggu.    Kami mohon kesabarannya dan kami sarankan Anda untuk mempelajari BMP secara teratur sambil menunggu Tuton bisa diakses dan melihat mata kuliah Tuton Anda. Perlu kami sampaikan bahwa nilai Tuton berkontribusi hanya 30% terhadap nilai akhir dan 70% lainnya diambil dari skor UAS, dengan catatan mahasiswa bisa menjawab benar soal UAS minimal 30%.  Jika nilai UAS mata kuliah kurang dari 30% maka secara otomatis mata kuliah tersebut akan mendapat nilai E.




Untuk dapat mengikuti Tuton, mahasiswa harus melakukan Registrasi Tuton, akivasi akun Tuton (bagi yang belum punya akun atau akunnya sudah tidak aktif), dan mengisi Form Kesediaan Mengikuti Tuton. 
Bagi mahasiswa yang tidak melakukan Registrasi Tuton tidak dapat disertakan dalam Tuton  karena tidak ada data mata kuliah yang dapat ditransfer ke dalam kelas Tuton.
Mahasiswa yang tidak mengikuti Tuton, nilai akhir mata kuliah diambil 100?ri hasil UAS sehingga mahasiswa masih memiliki kesempatan untuk memperoleh nilai A. Kami sarankan Anda untuk membaca Buku Materi Pokok (BMP) dengan lebih tekun dan teratur karena soal-soal UAS ditulis dari materi BMP. 




Mahasiswa wajib mengisi formulir perubahan data pribadi dengan lengkap dan mengirimkannya ke UPBJJ-UT asal, selanjutnya UPBJJ-UT asal mengusulkan ke BAKP-UT dengan tembusan ke UPBJJ-UT yang dituju.
1. Lulusan yang berhak mengikuti wisuda akan mendapat undangan dari Rektor UT
2. Lulusan yang mendapat undangan dari Rektor UT dan bermaksud menghadiri wisuda harus konfirmasi/melapor ke UPBJJ (datang atau telp) untuk meminta LIP
    wisuda (LIPW)
3. Menyerahkan LIPW kepada panitia pendaftaran wisuda di UT Pusat

Mahasiswa harus datang ke UPBJJ asal untuk meminta surat pengantar numpang ujian, selanjutnya mahasiswa menyerahkan surat pengantar tersebut disertai LIP-R ke UPBJJ tujuan serta menginformasikan tempat ujian yang dipilih, paling lambat 15 hari sebelum pelaksanaan ujian.
Ketentuan:
  1. Calon penerima adalah mahasiswa aktif jenjang Sarjana dan Diploma IV
  2. Terbuka untuk seluruh mahasiswa (dalam dan luar negeri, guru dan non-guru)
Persyaratan:
  1. IPK minimal 3,00 (FE, FHISIP, dan FKIP), khusus FMIPA IPK minimal 2,75 dengan beban studi rata-rata 15 sks per semester;
  2. Mahasiswa minimal semester III dan maksimal semester VII;
  3. Mahasiswa registrasi secara terus menerus tanpa memiliki paket/semester tertinggal sampai dengan semester berjalan;
  4. Tidak menerima beasiswa atau bantuan biaya pendidikan yang bersumber dari APBN/APBD/CSR atau sumber lainnya.
  5. Tidak berlaku bagi mahasiswa yang berkas registrasi pertamanya tidak lengkap.

TAP adalah Tugas Akhir Program yang bertujuan untuk mengukur kemampuan mahasiswa secara komprehensif dalam suatu bidang ilmu pada program studi jenjang D-IV dan S1. Materi TAP mencakup materi mata kuliah pendukung TAP dari setiap program studi. Daftar mata kuliah pendukung TAP dapat dilihat pada katalog kurikulum
Ada, Bidikmisi Di UT seleksinya melalui UPBJJ (Krn UT melakukan seleksi mandiri) untuk program studi sudah ditentukan oleh fakultas, untuk info kuota, seleksi dan penetapan beasiswa bisa ditanyakan ke UPBJJ-UT terdekat.
  • Klik menu “Register Akun”, dilanjutkan klik tombol “Register Calon Mahasiswa UT” pada halaman https://sia.ut.ac.id/.
  • Ikuti langkah-langkah yang diminta oleh sistem :
      - Panduan tata cara register dapat didownload pada menu “Panduan”
Tidak ada peraturan khusus terkait dengan jenis email, namun pastikan kembali email yang anda daftarkan adalah email valid (masih bisa digunakan).
Setelah proses register akun, sistem akan mengirimkan email yang berisi link aktivasi. Link aktivasi berfungsi untuk mengaktifkan akun sehingga anda dapat masuk/login kedalam sistem dan melakukan aktivitas didalamnya.
Tidak bisa, email anda hanya bisa digunakan selama 1 kali proses register.
Silahkan lapor ke UPBJJ tempat anda mendaftar atau Hallo UT
Setelah proses register akun, sistem akan mengirimkan email yang berisi link aktivasi. Link aktivasi berfungsi untuk mengaktifkan akun sehingga anda dapat masuk/login kedalam sistem dan melakukan aktivitas didalamnya.
Tidak ada peraturan khusus terkait dengan jenis email, namun pastikan kembali email yang anda daftarkan adalah email valid (masih bisa digunakan).
Setelah proses register akun, sistem akan mengirimkan email yang berisi link aktivasi. Link aktivasi berfungsi untuk mengaktifkan akun sehingga anda dapat masuk/login kedalam sistem dan melakukan aktivitas didalamnya.
Setelah proses register akun, sistem akan mengirimkan email yang berisi link aktivasi. Link aktivasi berfungsi untuk mengaktifkan akun sehingga anda dapat masuk/login kedalam sistem dan melakukan aktivitas didalamnya.



Setelah proses register akun, sistem akan mengirimkan email yang berisi link aktivasi. Link aktivasi berfungsi untuk mengaktifkan akun sehingga anda dapat masuk/ login kedalam sistem dan melakukan aktivitas didalamnya.


  • Lapor ke UPBJJ masing-masing dan minta kepada petugas terkait untuk reset email.
  • Lakukan proses register ulang dan aktivasi akun dengan memilih menu “Register Akun” dan klik tombol “Register Mahasiswa UT” pada halaman https://sia.ut.ac.id/.

Silahkan menghubungi UPBJJ tempat anda mendaftar.
Tidak bisa, calon mahasiswa pendas hanya bisa melakukan pendaftaran data pribadi melalui UPBJJ.
  • Pastikan mengupload dengan jenis file yang sesuai dengan jenis yang diminta.
  • Ukuran file maksimal 1 MB.

  • Data pribadi dapat diubah selama data belum divalidasi oleh pegawai UPBJJ.
  • Jika data telah tervalidasi dan memiliki nim maka data sudah tidak dapat diubah kembali. Silahkan menghubungi UPBJJ terkait atau Hallo UT mengenai kasus tersebut.

Silahkan menghubungi UPBJJ atau Hallo UT untuk melakukan pengecekan dan pendaftaran tempat ujian sesuai dengan data pribadi anda.
  • Lokasi ujian dapat diubah selama billing belum dibayar lunas, dengan langkah-langkah :
      - Lakukan drop billing registrasi.
      - Lakukan registrasi ulang.
  • Namun jika billing sudah lunas, silahkan menghubungi UPBJJ tempat anda mendaftar atau Hallo UT.

Cek kembali katalog anda, jika tidak sesuai segera hubungi UPBJJ terkait atau Hallo UT.
  • Jumlah maksimal registrasi matakuliah adalah 9 kali per semester.
  • Jumlah maksimal SKS yang diambil adalah 24 SKS/Semester.

Bisa selama billing registrasi Ujul belum berstatus Lunas, silahkan drop dahulu billing matakuliah ujian ulang (UJUL) yang telah tercreate kemudian registrasi kembali matakuliah ulang (UJUL).


Untuk penanganan kasus tersebut silahkan melapor ke UPBJJ tempat anda mendaftarakan diri atau Hallo UT.
Untuk penanganan kasus tersebut silahkan konfirmasi ke UPBJJ tempat anda mendaftarakan diri atau Hallo UT.
Ya, pembelian buku bersifat wajib untuk matakuliah yang baru diambil pertama kali.
Silahkan aktifkan billing ajar anda kembali menggunakan fasilitas aktivasi billing pada peragaan billing.
Bisa, anda bisa membayarkan billing bahan ajar terlebih dahulu baru membayar billling registrasi matakuliah.
Cek kembali apakah anda pernah melakukan registrasi program lain seperti tutorial tatap muka (TTM). Jika iya, maka drop terlebih dahulu billing tersebut baru anda dapat melakukan drop billing registrasi non sipas.
Registrasi tuton adalah langkah kedua yang harus dilakukan mahasiswa jika ingin mengikuti kegiatan tutorial pada semester berjalan. Registrasi matakuliah tuton dilakukan dilaman Sistem Informasi Akademik UT : https://sia.ut.ac.id/.
Tuton tidak bersifat wajib, namun apabila ingin mengikuti tuton silahkan klik button check list “Reg Tuton”.
Silahkan update status tuton, update status tuton dapat dilakukan selama dalam rentang batas waktu yang ditelah ditentukan. Prose supdate tuton dapat dilakukan pada menu “Update Reg Tuton”.

Anda bisa melakukan proses pembayaran pada Bank atau merchant yang bekerjasama dengan Universitas Terbuka, seperti :
    • Bank BRI
    • Bank Mandiri
    • Bank BTN
    • Bank BNI
    • Alfamart

harus di buatkan surat penganti ijazah dari sekolah atau perguruan tinggi yang mengeluarkan ijazah, yang di lampirkan no surat kehilangan dari kepolisian dan suratnya hrs di legalisir.
  • Program S1 Online telah dibuka sejak tahun 2016 adalah program sarjana: Manajemen (FEKON), Matematika (FMIPA), sastra Inggris bidang minat penerjemahan (FHISIP) dan Pendidikan Matematika (FKIP)
  • Program S2 Onlineyang telah dibuka adalah program Magister: Ilmu Administrasi bidang minat Administrasi Publik, Manajemen bidang minat keuangan, Ilmu Kelautan bidang minat manajemen perikanan dan pendidikan matematika.
Tidak ada tes masuk kecuali untuk program S2.
  • Mengisi formullir pendaftaran dan kelengkapannya.
  • Menyerahkan berkas persyaratan registrasi. Bagi mereka yang mendaftar secara online, berkas-berkas tersebut dapat dikirim ke Kantor UPBJJ-UT melalui Pos atau perusahaan ekspedisi.
  • Membayar biaya pendidikan registrasi pertama sebesar biaya yang tercantum dalam Lembar Informasi Pembayaran (LIP)
Pembayaran biaya kuliah UT dapat dilakukan di Kantor UPBJJ-UT dengan mesin EDC, di teller Bank Mitra UT dan ATM (BRI, BTN, dan MANDIRI) serta di gerai Alfa Group (Alfamidi, Alfamart, Dun Dun) di seluruh Indonesia. Untuk mahasiswa UT di luar negeri, pembayaran biaya pendidikan dapat dilakukan di kantor cabang BRI, Mandiri, BNI atau Remitance ketiga Bank tersebut.
Tutorial adalah layanan belajar yang diberikan UT kepada mahasiswa yang memerlukan bimbingan baik yang dilakukan secara tatap muka (tutorial tatap muka atau TTM) atau online (Tutorial Online atau tuton)
  • Kegiatan UAS tertulis dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia dengan jadwal dan tempat/lokasi ujian yang telah ditentukan. Lokasi UAS mahasiswa tercantum pada kartu peserta ujian (KTPU).
  • Terdapat juga kegiatan UAS secara online (sistem ujian online) yang dilakukan sesuai pilihan mahasiswa. Sistem ujian online (SUO) dilakukan di kantor UPBJJ-UT terkait.
  • Hasil Ujian dapat dilihat secara online di laman www.ut.ac.id/nilai mata kuliah sesuai jadwal di kalender akademik
  • Daftar nilai ujian (DNU) dapat di cetak sendiri dari website www.ut.ac.id di tautan UT Online> Registrasi Online (sro.ut.ac.id) atau memintanya kepada UPBJJ-UT atau Sentra Layanan UT (SALUT)
Langkap pertama adalah S (Survei) yaitu membaca sepintas seluruh komponen bacaan sehingga diperoleh gambaran umum tentang susunan dan isi yang terkandung dalam buku/bacaan.
Pada langkah ini, baca sekilas; Judul, pengarang, tahun terbit dan penerbit, daftar isi dan indeks dalam buku. Teknik yang biasa digunakan adalah Skimming.
1.       Mengakses Website dan melakukan Proses register Untuk melakukan register online, anda harus melakukan proses register terlebih dahulu dengan mengklik tombol “Register Calon Mahasiswa”.  
2.       Mengisi Data register; Tata cara pengisian kolom register: ·    
  • "Name", wajib diisi dengan nama lengkap tanpa gelar. ·     
  • "Email Address", wajib diisi dengan alamat email yang valid. ·     
  • "Password", minimum panjang karakter adalah 6. ·     
  • "Confirm Password", isi sesuai dengan kode password yang telah diinput. ·     
  • Input kode "Capcha", jika kode tidak terbaca dengan jelas maka klik tombol "Reload" untuk mendapatkan kode baru. ·     
  • Klik tombol "Register". Sistem akan menampilkan pesan konfirmasi berhasil melakukan proses register. ·     
  • Login kedalam email yang telah di daftarkan, klin "link Verifikasi" untuk dapat masuk kedalam sistem.
3.       Melakukan register data pribadi sementara

4.       Simpan data pribadi sementara ·     
  • Pilih “Kode UPBJJ” tempat anda akan menempuh proses pembelajaran. ·    
  • Pilih “Jenjang Pendidikan” yang ingin anda tempuh. ·     
  • Pilih “Fakultas”. ·     
  • Pilih “Program Studi” yang ingin anda pelajari. ·     
  • Klik tombol “Selanjutnya” untuk mengisi pendaftaran data pendaftaran. ·    
  • Calon Mahasiswa dapat melakukan ubah data pribadi selama data belum di validasi oleh UPBJJ dengan menekan tombol “Ubah”. ·     
  • Langkah selanjutnya berkas akan diperikas dan divalidasi oelh petugas UPBJJ tempat anda mendaftarkan diri.
  • Sistem akan mengirimkan pesan konfrimasi Gagal/Berhasil validasi dan langkah selanjutnya yang harus anda lakukan.




  • Klik tombol "Aktivasi Akun Mahasiswa"
  • Input "Email Address" sesuai dengan email yang telah didaftarkan pada proses register
  • Input "Captcha"
  • Klik tombol "Aktivasi Akun". Sistem akan mengirimkan ulang link aktivasi akun ke email anda.
  • Melakukan proses "Register Mahasiswa UT": Saya mahasiswa Sudah memiliki akun SIA (X, Tidak) , Saya mahasiswa Belum memiliki Akun SIA (V, Ya)
  • Login: Saya mahasiswa Sudah memiliki akun SIA (V, ya) , Saya mahasiswa Belum memiliki Akun SIA (V, ya)
  • Registrasi matakuliah dan Cetak lembar tagihan registrasi: Saya mahasiswa Sudah memiliki akun SIA (V, ya) , Saya mahasiswa Belum memiliki Akun SIA (V, ya)
  • Melakukan pembayaran Tagihan LIP: Saya mahasiswa Sudah memiliki akun SIA (V, ya) , Saya mahasiswa Belum memiliki Akun SIA (V, ya)



Tata cara:  
a.    Masuk ke website sia.ut.ac.id dan pilih tombol “REGISTER MAHASISWA UT”.
b.    Input “NIM” anda.  
c.     Input “Tanggal Lahir” dengan format dd/mm/yyyy  
d.    Input “Password” baru, minimum panjang karakter adalah 6.  
e.    “Confirm Password”, isi sesuai dengan kode password yang telah diinput.
f.     “Email Address”, wajib diisi dengan alamat email yang valid.  
g.    Input kode “Capcha”, jika kode tidak terbaca dengan jelas maka klik tombol “Reload” untuk mendapatkan kode baru.
h.    Klik tombol “Aktivasi Akun”. Sistem akan menampilkan pesan konfirmasi berhasil melakukan proses register.
i.     Sistem akan mengirimkan pesan konfirmasi register dan link login ke email anda.

A. Ketentuan Umum Registrasi Mata kuliah:
  • Isikan kode tempat ujian.   Pilihan tempat ujian sesuai domisili dan hanya berlaku untuk mahasiswa selain program S1 PGSD dan PGPAUD.
  • Masukan satu per satu matakuliah yang akan diambil mengacu pada katalog cetak atau katalog digital yang tersedia pada website UT.
  • Adapun persyaratan khusus yang perlu diperhatikan: Sesuai:  
-   Mata kuliah yang dapat diregistrasikan maksimal 24 sks  
-  
Maksimum melakukan penyimpanan data registrasi adalah 9 kali.

-  
Pastikan tidak ada jam ujian yang sama (bentrok).
 
-   Boleh meregistrasikan mata kuliah ulang bentrok apabila   tersedia ujian online untuk mata kuliah tertentu
  • Klik tombol SIMPAN untuk memproses lembar tagihan.  
Pastikan data registrasi sudah sesuai, tagihan yang sudah dibayar tidak dapat diubah datanya.
Lembar Informasi Pembayaran dapat dicetak melalui daftar tagihan. Mahasiswa dapata memiliki lebih dari satu tagihan dengan mata kuliah yang berbeda.

B. Ketentuan wajib beli Bahan Ajar Cetak (BAC) Mahasiswa Non Sipas:
  • Berlaku untuk mahasiswa Non Pendas Non Sipas (kecuali mhs LLN).
  • Berlaku untuk matakuliah baru (matakuliah yang baru pertama kali diregistrasikan). Untuk matakuliah ulang, berlaku opsi beli/ tidak beli Bahan Ajar Cetak. 
  • Mahasiswa/petugas UPBJJ mengisikan data untuk kebutuhan pengiriman Bahan Ajar Cetak: 
    • Alamat pengiriman
    • No Telpon
    • Jasa pengiriman yang dipilih
  • Pada saat registrasi matakuliah non sipas dan akan terbit 2 jenis billing yaitu billing registrasi dan billing bahan ajar.
  • LIP Bahan Ajar Cetak sudah termasuk ongkos kirim
  • Batas akhir pembayaran LIP Registrasi sesuai batas akhir pembayaran uang kuliah, batas akhir pembayaran LIP Bahan Ajar Cetak adalah 72 jam.
  • Mahasiswa wajib membayar LIP Registrasi terlebih dahulu, kemudian membayar LIP Bahan Ajar Cetak.
  • LIP Bahan Ajar akan expired apabila melebihi batas waktu yang ditentukan, namun mahasiswa masih dapat membeli Bahan Ajar Cetak melalui TBO



Langkah-langkahnya :
  • Klik menu Register dibagian pojok kanan atas.
  • Isilah kolom isian nama dan alamat email.
  • Isikan password yang akan digunakan untuk login.
  • Isikan password yang sama untuk konfirmasi.
  • Klik tombol Register.
Email berisikan verifikasi akan dikirimkan. Buka dan klik tautan untuk melanjutkan proses aktivasi akun.
Isiskan kembali alamat email saat aktivasi akun dan email konformasi aktifasi akan dikirim kembali.
Buka kembali email aktivasi dan klik tautan untuk proses pengisian data pribadi.

Siapkan file hasil scan dokumen yang perlu dilampirkan seperti pasfoto, ijazah terakhir yang telah dilegalisasi, dan dokumen lainnya.
  • Di bagian bawah form terdapat fasilitas untuk mengupload file-file hasil scan berkas kelengkapan pendaftaran. Tiap file harus berformat jpeg dengan ukuran maksimal 1 MB.
  • Klik tombol “Pilih File” kemudian pilihlah file di komputer Anda sesuai dengan jenis berkasnya. Lakukan hal yang sama untuk jenis berkas yang lain.
  • Jika semua berkas sudah terpilih klik tombol simpan untuk proses upload. 
  • Data pendaftaran selanjutnya akan divalidasi oleh UT. Setelah divalidasi maka calon mahasiswa akan mendapatkan email yang berisi nomor induk mahasiswa (NIM).
  •  Selanjutnya, ikuti langkah-langkah yang disampaikan di dalam email.

Ya, ada. namanya "Latihan Mandiri" (LM), yaitu layanan bantuan belajar secara online untuk melatih mahasiswa memahami karateristik soal ujian dan sekaligus melatih, memantapkan dan melakukan pengecekan penguasaan mahasiswa atas mata kuliah.
Buka website Moocs yang beralamat di http://moocs.ut.ac.id Lakukan aktivasi terlebih dahulu pada menu registrasi pengguna, kemudian login menggunakan user dan password yang telah didapatkan.
Untuk menampilkan daftar video berdasarkan kelompok matakuliah klik Menu Playlist. 
Video ini dapat disaksikan saat terhubung ke internet (online). Jika ingin disaksikan tanpa akses ke internet (offline) di lain waktu, video harus diunduh terlebih dahulu. Pada browser tertentu terdapat fitur untuk mengunduh video dengan cara menambah pengaya (add on) pada browser.
Jika Youtube diakses emnggunakan perangkat smartphone, video dapat diunduh dengan mneg-klik icon.

  • Alamat untuk emmbuka layanan email adalah http://ecampus.ut.ac.id
  • Akan muncul form login. Masukan username@ecampus.ut.ac.id dan Password
Untuk melakukan pecarian judul buku, silahkan masukkan judul buku pada pojok kanan layar atas kemudian tekan tombol search.
  • Lihat kalender akademik UT terkait dengan jadwal aktivasi Tuton dan jadwal Tuton pada laman www.ut.ac.id
  • Lakukan registrasi matakuliah dan memilih matakuliah yang ditutonkan di laman sia.ut.ac.id selama masa registrasi sesuai kalender akademik UT
  • lakukan aktivasi tutorial pada laman elearning.ut.ac.id
  • Lakukan konfirmasi Form Kesertaan Tuton pada laman elearning.ut.ac.id
  • Klik menu "Aktivasi Tutorial Online"
  • Baca "ketentuan calon anggota UT Online" klik next/Lanjut
  • Masukan NIM, Tanggal Lahir dan email yang valid (Jangan menggunakan email Yahoo)
  • Klik "Kirim"
  • Sebuah email konfirmasi telah di kirim ke Email Anda
  • cek email konfirmasi dari UT Online di Inbox atau folder SPAM
  • Klik link konfirmasi
  • Alamat email yang anda masukkan salah. Pastikan email yang didaftarkan sudah benar dan masih aktif.
  • Cek email pada folder "SPAM". Terkadang email konfirmasi aktivasi masuk ke dalam folder "SPAM".
Laporkan kendala anda melalui http://hallo-ut.ut.ac.id/ dengan menyebutkann Nama, NIM dan alamat emailnya.
Pastikan NIM dan Tanggal Lahir yang anda masukan sudah sesuai. Jika sudah sesuai tetapi masih terkendala, laporkan kendala anda melalui http://hallo-ut.ut.ac.id dengan menyebutkan Nama, NIM dan alamat emailnya.
  • Setelah berhasil aktivasi, masukan Username/Nama Pengguna dan Password yang telah didapatkan.
  • klik masuk
  • Setelah berhasil Aktivasi, masukan Username/ nama pengguna dan password yang telah didapatkan.
  • Klik Masuk
Bagi mahasiswa yang sudah pernah aktivasi tuton tidak perlu aktivasi tuton lagi dan mahasiswa mengakses/ login ke dalam sistem Tutorial Online tidak lebih dari 180 hari sejak login terakhir. Administratorsistem UT berhak melakukan penghapusan account jika mahasiswa tidak pernah mengakses/ login kedalam situs elearning.ut.ac.id selama 180 hari atau lebih sejak login terakhir.


Gunakan fasilitas lupa password pada halaman awal Tutorial Online (Tuton). Ikuti Instruksi selanjutnya.
  • Klik "kehilangan Password"/ Lost password
  • Masukan salah satu antara username/nama pengguna atau Alamt email
  • Klik "cari"
  • Buka email Anda untuk mendapatkan Password baru
Setelah berhasil login dalam elearning.ut.ac.id, Klik link "FORMULIR KESEDIAAN MENGIKUTI TUTON", kemudian akan muncul layar konfirmasi. Pilih "Ya, Saya Setuju" jika menyetujui Ketentuan UT Online konfrimasi mngikuti tuton dan bersedia mengikuti tuton, setelah itu Klik "Simpan Perubahan".
Matakuliah tuton akan muncul secara otomatis pada Dashboard Tuton Mahasiswa sesuai jadwal Tuton di Kalender Akademik (lihat di website UT).
Bila anda tidak terlambat melakukan Aktivasi dan konfirmasi keikutsertaan Tuton sesuai dengan Kalender Akademik dan sudah melunasi pembayaran Registrasi Matakuliah, silahkan hubungi Hallo-UT di 1500024
  • Menu kehadiran untuk memastikan mahasiswa mengikuti tuton dan mendapatkan nilai partisipasi yang berkontribusi sebesar 20% inisiai yang berisi bahan bacaan, cara mengakses inisiasi adalah dengan mengklik pada judul inisiai
  • Terdapat delapan forum diskusi yang digunakan untuk kegiatan diskusi. Komentar dan pemikiranm Anda pada forum diskusi berkontribusi pada penilaian sebesar 30%
  • Terdapat tida tugas yang harus diselesaikan dengan baik. Tugas ini sangat penting untuk penilaian Anda yang berkontribusi sebesar 50%
  • Klik menu Kehadiran
  • Pilih tombol "Hadir" dan kemudian klik "Submit"
  • Klik inisiai dan pengayaan
  • Otomatis download inisiai apabila inisiai berupa file
  • klik materi pengayaan untuk mempelajari materi tambahan
  • Klik Forum/ Diskusi
  • Klik "Add a new discussion topic" untuk membuat topik baru atau
  • Klik "Reply" untuk membalas diskusi
  • ketikan isi diskusi Anda pada kolom "message"
  • Upload File (apabila ada) pada kolom "Attachment"
  • Klik "Post to Forum"
  • Klik pada Tugas yang akan dikerjakan
  • Baca baik-baik soal tugas
  • Klik "Tambahkan pengajuan (tugas/laporan) atau Add Submission
  • Ketika jawaban langsung apabila yang muncuk "Online Text"
  • Upload file tugas apabila yang muncul adalah "File Submissions"
  • Klik "Save Changes"
  1. Masuk ke Kelas Tuton
  2. Klik menu "Participant"/ "Peserta"
  3. Pada menu "current role"/ "Peranan saat ini" pilih teacher/Pengajar/Tutor
  4. Klik nama teacher/ Pengajar/ Tutor
  5. Klik "Message"
  6. Ketik pesannya secara lengkap disertai identitas anda kemudian klik send message
Klik menu "NIlai" atau "Grade"
  • Pada menu Login klik pada pilihan register
  • Lengkapi kotak isian, lalu klik tombol register
  • Pilih Change Password di halaman setelah login
  • Masukkan data Password lama anda, Password baru dan diisikan kembali sebagai konfirmasi di isian Confirm Password, kemudian klik change
  • Pilih Upload Artikel pada menu anda
  • Klik tombol (+) untuk mengisi data karya ilmiah
  • Isikan semua kotak isian, selanjutnya pilih file yang akan diunggah melalui tombol Choose lalu klik tombol Add
  • Proses yang berhasil akan muncul daftar berikut.
  • Jika ingin melakukan revisi klik kembali tombol (+).
  • Pilih Menu status artikel mahasiswa
  • Pada menu login pilih Forgot Password
  • Isikan alamat email saat mendaftar, klik tombol Send. Password akan dikirim via email.
1. Mengakses Website dan Melakukan Proses Register
2. Mengisi Data Register; Tata cara pengisian kolom register:
     a.    “Name”, wajib diisi dengan nama lengkap tanpa gelar.
     b. “Email Address”, wajib diisi dengan alamat email yang valid.
     c.    “Password”, minimum panjang karakter adalah 6. 
     d.     “Confirm Password”, isi sesuai dengan kode password yang telah diinput.
     e.    Input kode “Capcha”, jika kode tidak terbaca dengan jelas maka klik tombol “Reload” untuk mendapatkan kode baru.
     f.    Klik tombol “Register”. Sistem akan menampilkan pesan konfirmasi berhasil melakukan proses register.
     g. Login kedalam email yang telah didaftarkan, klik “Link Verifikasi” untuk dapat masuk kedalam sistem.

3. Melakukan Registrasi Data Pribadi Sementara
      h. Silahkan pilih “Kode UPBJJ”, “Jenjang Pendidikan” , “Fakultas”, dan “Program Studi” yang diminati.

4. Simpan Data Pribadi Sementara
      i. Isi data pribadi dan kelengkapan berkas, jika seluruh data telah diisi klik tombol “Simpan” untuk menyimpan berkas pendaftaran. Sistem akan mengirimkan notifikasi pendaftaran data pribadi yang berisi nomor
         registrasi ke email yang telah didaftarkan.
      j. Calon mahasiswa dapat melakukan ubah data pribadi selama data belum di validasi oleh UPBJJ dengan menekan tombol “Ubah”.
      k. Langkah selanjutnya berkas akan di periksa dan di validasi oleh petugas UPBJJ tempat anda mendaftarkan diri. Sistem akan mengirimkan pesan konfirmasi Gagal/Berhasil validasi dan langkah selanjutnya yang
         harus anda lakukan.
















a.    Klik tombol “Aktivasi Akun Mahasiswa”.  
b.    Input “E-Mail Address” sesuai dengan email yang telah didaftarkan pada proses register.
c.     Input “Captcha”.  
d.    Klik tombol “Aktivasi Akun”. Sistem akan mengirimkan ulang link aktivasi akun ke email anda.  




Tata cara:  

a.    Masuk ke website sia.ut.ac.id dan pilih tombol “REGISTER MAHASISWA UT”.
b.    Input “NIM” anda.  
c.     Input “Tanggal Lahir” dengan format dd/mm/yyyy  
d.    Input “Password” baru, minimum panjang karakter adalah 6.  
e.    “Confirm Password”, isi sesuai dengan kode password yang telah diinput.
f.     “Email Address”, wajib diisi dengan alamat email yang valid.  
g.    Input kode “Capcha”, jika kode tidak terbaca dengan jelas maka klik tombol “Reload” untuk mendapatkan kode baru.
h.    Klik tombol “Aktivasi Akun”. Sistem akan menampilkan pesan konfirmasi berhasil melakukan proses register.
i.     Sistem akan mengirimkan pesan konfirmasi register dan link login ke email anda.  

Untuk calon mahasiswa yang ingin menempuh prodi (Program Pendas):

1. 118 / PGSD - S1 
2. 119 / PGSD S1 (Masukan Sarjana) Kurikulum Baru 
3. 121 / PGPAUD-S1 (Masukan Sarjana) 
4. 122 / PGPAUD S1 (AKPMM)   
Dapat melakukan registrasi data pribadi dan registrasi matakuliah semester awal melalui UPBJJ UT tempat anda ingin melakukan pendaftaran.
a. Tahap 1: Melakukan registrasi data pribadi dan pembayaran billing admisi. Setelah melakukan proses registrasi data pribadi, calon mahasiswa melakukan proses cetak dan pembayaran billing admisi.
b. Tahap 2: Verifikasi Data Pribadi Billing admisi yang sudah dilunasi akan dilakukan verifikasi oleh admin PPs. Apabila data pribadi dan berkas yang telah diupload sesuai dengan persyaratan maka admin PPs akan  
    memverifikasi berkas.    
c. Tahap 3: Ujian  
d. Tahap 4: Validasi Data Pribadi Apabila proses ujian telah dilaksanakan dan hasil ujian dinyatakan lulus maka admin PPs akan melakukan proses validasi data. Data yang telah tervalidasi kemudian akan mendapatkan
    NIM.






Ketentuan:
a. Isikan kode tempat ujian.   Pilihan tempat ujian yang diinginkan.  
b. Masukan satu per satu matakuliah yang akan diambil mengacu pada katalog cetak atau katalog digital yang tersedia pada website UT.      
c. Tata cara pembelian bahan ajar ·   “Alamat Pengiriman” bahan ajar harus diisi minimum 30 karakter ·  
  • Mengiri seluruh kolom yang di butuhkan untuk proses pengiriman bahan ajar.     ·  
  • Mencentang checklist persetujuan pengiriman bahan ajar.  
d. Mengklik tombol “Simpan” untuk menyimpan data registrasi dan mencetak billing registrasi matakuliah. ·  
  • Mahasiswa dapat melakukan registrasi matakuliah kembali untuk kode matakuliah yang berbeda dengan matakuliah yang telah diambil pada billing pertama. ·   
  • Pembuatan billing registrasi matakuliah dapat dilakukan maksimal 9 kali per semester dengan total keseluhan SKS adalah 24 SKS. Jika jumlah billing sudah lebih dari 9 kali maka mahasiswa tidak bisa membuat billing registrasi matakuliah kembali. ·   
  • Proses Cetak Billing

    • :  Pada saat melakukan cetak billing akan terdapat 3 jenis tagihan: Tagihan admisi, Tagihan registrasi matakuliah, Tagihan pembelian bahan ajar ·   
      • Wajib beli bahan ajar berlaku hanya untuk matakuliah yang baru pertama kali diambil, apabila mahasiswa mengambil matakuliah ujul maka tidak di wajibkan membeli bahan ajar. ·  
      • Biaya bahan ajar terdiri dari Biaya Buku dan Biaya Pengiriman Buku.  
    •   Tidak dapat membuat billing registrasi matakuliah kembali (billing ke-2, dsb) apabila status billing registrasi matakuliah ke-1 masih: ·   
      • Berstatus aktif. ·   
      • Status pembayaran belum “Lunas”. 
    •   Tagihan billing admisi hanya ditagihkan sebanyak 1 kali (di awal semester) selama menjalani proses pembelajaran di UT.   
      • Contoh: Apabila mahasiswa sudah melakukan pelunasan billing ke-1 yang terdiri dari tagihan: 
        • a. Admisi
        •  b. Registrasi Matakuliah 
        • c. Bahan Ajar (Biaya bahan ajar dan pengiriman bahan ajar) 
      • Maka pada billing ke-2 hingga seterusnya tidak akan dikenakan tagihan admisi kembali.




a. Lakukan drop billing ke-1 (apabila status billing masih aktif dan belum lunas)
b. Registrasikan kembali matakuliah untuk dapat mencetak billing ke-2. Pada billing ke 2 akan tetap muncul tagihan billing admisi.


Contoh: ·  
  • Mahasiswa sudah melakukan registrasi dan mencetak billing registrasi matakuliah ke-1 yang terdiri dari: - Tagihan admisi - Tagihan registrasi matakuliah - Tagihan Bahan Ajar (biaya pembelian bahan ajar + biaya pengiriman bahan ajar)
  • ·   Jika terdapat kesalahan pengambilan data matakuliah. Mahasiswa dapat mendrop/membatalkan billing ke-1 selama status billing masih aktif dan belum lunas. ·   
  • Mahasiswa melakukan registrasi matakuliah ulang dengan memasukan daftar matakuliah sesuai keinginan. Akan tercetak billing registrasi ke-2 yang terdiri dari jenis tagihan: -  Tagihan admisi -  Tagihan registrasi matakuliah -  Tagihan bahan ajar (biaya pembelian bahan ajar + biaya pengiriman bahan ajar)   ·  
  • Apabila mahasiswa ingin menambah kembali matakuliah yang diambil maka mahasiswa dapat melakukan registrasi matakuliah untuk billing ke-3 s/d billing ke-9 dengan jenis tagihan yang muncul hanya: -  Tagihan registrasi matakuliah -  Tagihan bahan ajar (biaya pembelian bahan ajar + biaya pengiriman bahan ajar)






Ketentuan:
a.     Klik tombol “Cari” untuk menampilkan detail data pribadi dan detail paket matakuliah mahasiswa.
b.    Sistem akan menampilkan informasi SKS yang akan atau telah diambil oleh mahasiswa.
c.    Memilih “Tempa Ujian”
d.    Melakukan proses “Simpan Billing”. ·  
  • Billing Registrasi Sistem Paket Semester (Sipas) hanya dapat di buat maksimal 9 kali dalam setiap semester. ·   
  • Pada saat melakukan cetak billing akan terdapat 2 jenis tagihan: 
    • o Tagihan admisi   
    • Tagihan billing admisi hanya ditagihkan sebanyak 1 kali (di awal semester) selama menjalani proses pembelajaran di UT.   Tagihan registrasi matakuliah




  Ketentuan Umum:
1.    Untuk semester 1 (satu), mahasiswa dapat melakukan registrasi matakuliah pada UPBJJ tempat anda mendaftarkan diri.
2.    Sedangkan untuk registrasi semester selanjutnya serta registrasi matakuliah UJUL dapat dilakukan secara mandiri melalui https://sia.ut.ac.id/ , adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan:
-  Melakukan proses register akun (Dijelaskan pada point 1.5)
-  Melakukan registrasi matakuliah dan cetak billing registrasi:  
Ketentuan:
a.  Klik tombol “Cari” untuk menampilkan informasi data pribadi dan detail paket matakuliah dan informasi SKS.
b. Memilih “Tempat Ujian”.
c. Klik tombol “Simpan Billing Paket” untuk melakukan simpan data registrasi matakuliah.
d. Klik tombol “Daftar Billing” untuk melakukan cetak billing registrasi matakuliah. Perlu diperhatikan bahwa: ·  
  • Billing Registrasi Sistem Paket Semester (Sipas) hanya dapat di buat maksimal 9 kali dalam setiap semester.   Mengakses Layanan Online Universitas Terbuka 
  •  Pada saat melakukan cetak billing akan terdapat 2 jenis tagihan: 
    • o Tagihan admisi ·   Tagihan billing admisi hanya ditagihkan sebanyak 1 kali (di awal semester) selama menjalani proses pembelajaran di UT. 
    • o Tagihan registrasi matakuliah





Ketentuan:
a.  Klik tombol “Cari” untuk menampilkan informasi data pribadi dan detail paket matakuliah dan informasi SKS.
b. Memilih “Tempat Ujian”.
c. Klik tombol “Simpan Billing Paket” untuk melakukan simpan data registrasi matakuliah.
d. Klik tombol “Daftar Billing” untuk melakukan cetak billing registrasi matakuliah.




Bisa, tempat ujian dapat diubah selama billing registrasi matakuliah belum di lunasi dan periode registrasi matakuliah masih di buka. Tahapan yang dapat dilakukan:

a.    Melakukan drop billing registrasi matakuliah.
b.    Melakukan kembali registrasi matakuliah dengan tempat ujian yang diinginkan.
c.    Perlu diperhatikan bahwa pembuatan billing registrasi matakuliah hanya dapat dilakukan maksimal 9 kali dalam setiap semester.  




Untuk calon mahasiswa yang ingin menempuh prodi (Program Pendas):

1. 118 / PGSD - S1 
2. 119 / PGSD S1 (Masukan Sarjana) Kurikulum Baru 
3. 121 / PGPAUD-S1 (Masukan Sarjana) 
4. 122 / PGPAUD S1 (AKPMM)   
Dapat melakukan registrasi data pribadi dan registrasi matakuliah semester awal melalui UPBJJ UT tempat anda ingin melakukan pendaftaran.
a. Tahap 1: Melakukan registrasi data pribadi dan pembayaran billing admisi. Setelah melakukan proses registrasi data pribadi, calon mahasiswa melakukan proses cetak dan pembayaran billing admisi.
b. Tahap 2: Verifikasi Data Pribadi Billing admisi yang sudah dilunasi akan dilakukan verifikasi oleh admin PPs. Apabila data pribadi dan berkas yang telah diupload sesuai dengan persyaratan maka admin PPs akan  
    memverifikasi berkas.    
c. Tahap 3: Ujian  
d. Tahap 4: Validasi Data Pribadi Apabila proses ujian telah dilaksanakan dan hasil ujian dinyatakan lulus maka admin PPs akan melakukan proses validasi data. Data yang telah tervalidasi kemudian akan mendapatkan
    NIM.






Ketentuan:
a. Isikan kode tempat ujian.   Pilihan tempat ujian yang diinginkan.  
b. Masukan satu per satu matakuliah yang akan diambil mengacu pada katalog cetak atau katalog digital yang tersedia pada website UT.      
c. Tata cara pembelian bahan ajar ·   “Alamat Pengiriman” bahan ajar harus diisi minimum 30 karakter ·  
  • Mengiri seluruh kolom yang di butuhkan untuk proses pengiriman bahan ajar.     ·  
  • Mencentang checklist persetujuan pengiriman bahan ajar.  
d. Mengklik tombol “Simpan” untuk menyimpan data registrasi dan mencetak billing registrasi matakuliah. ·  
  • Mahasiswa dapat melakukan registrasi matakuliah kembali untuk kode matakuliah yang berbeda dengan matakuliah yang telah diambil pada billing pertama. ·   
  • Pembuatan billing registrasi matakuliah dapat dilakukan maksimal 9 kali per semester dengan total keseluhan SKS adalah 24 SKS. Jika jumlah billing sudah lebih dari 9 kali maka mahasiswa tidak bisa membuat billing registrasi matakuliah kembali. ·   
  • Proses Cetak Billing

    • :  Pada saat melakukan cetak billing akan terdapat 3 jenis tagihan: Tagihan admisi, Tagihan registrasi matakuliah, Tagihan pembelian bahan ajar ·   
      • Wajib beli bahan ajar berlaku hanya untuk matakuliah yang baru pertama kali diambil, apabila mahasiswa mengambil matakuliah ujul maka tidak di wajibkan membeli bahan ajar. ·  
      • Biaya bahan ajar terdiri dari Biaya Buku dan Biaya Pengiriman Buku.  
    •   Tidak dapat membuat billing registrasi matakuliah kembali (billing ke-2, dsb) apabila status billing registrasi matakuliah ke-1 masih: ·   
      • Berstatus aktif. ·   
      • Status pembayaran belum “Lunas”. 
    •   Tagihan billing admisi hanya ditagihkan sebanyak 1 kali (di awal semester) selama menjalani proses pembelajaran di UT.   
      • Contoh: Apabila mahasiswa sudah melakukan pelunasan billing ke-1 yang terdiri dari tagihan: 
        • a. Admisi
        •  b. Registrasi Matakuliah 
        • c. Bahan Ajar (Biaya bahan ajar dan pengiriman bahan ajar) 
      • Maka pada billing ke-2 hingga seterusnya tidak akan dikenakan tagihan admisi kembali.




a. Lakukan drop billing ke-1 (apabila status billing masih aktif dan belum lunas)
b. Registrasikan kembali matakuliah untuk dapat mencetak billing ke-2. Pada billing ke 2 akan tetap muncul tagihan billing admisi.


Contoh: ·  
  • Mahasiswa sudah melakukan registrasi dan mencetak billing registrasi matakuliah ke-1 yang terdiri dari: - Tagihan admisi - Tagihan registrasi matakuliah - Tagihan Bahan Ajar (biaya pembelian bahan ajar + biaya pengiriman bahan ajar)
  • ·   Jika terdapat kesalahan pengambilan data matakuliah. Mahasiswa dapat mendrop/membatalkan billing ke-1 selama status billing masih aktif dan belum lunas. ·   
  • Mahasiswa melakukan registrasi matakuliah ulang dengan memasukan daftar matakuliah sesuai keinginan. Akan tercetak billing registrasi ke-2 yang terdiri dari jenis tagihan: -  Tagihan admisi -  Tagihan registrasi matakuliah -  Tagihan bahan ajar (biaya pembelian bahan ajar + biaya pengiriman bahan ajar)   ·  
  • Apabila mahasiswa ingin menambah kembali matakuliah yang diambil maka mahasiswa dapat melakukan registrasi matakuliah untuk billing ke-3 s/d billing ke-9 dengan jenis tagihan yang muncul hanya: -  Tagihan registrasi matakuliah -  Tagihan bahan ajar (biaya pembelian bahan ajar + biaya pengiriman bahan ajar)






Ketentuan:
a.     Klik tombol “Cari” untuk menampilkan detail data pribadi dan detail paket matakuliah mahasiswa.
b.    Sistem akan menampilkan informasi SKS yang akan atau telah diambil oleh mahasiswa.
c.    Memilih “Tempa Ujian”
d.    Melakukan proses “Simpan Billing”. ·  
  • Billing Registrasi Sistem Paket Semester (Sipas) hanya dapat di buat maksimal 9 kali dalam setiap semester. ·   
  • Pada saat melakukan cetak billing akan terdapat 2 jenis tagihan: 
    • o Tagihan admisi   
    • Tagihan billing admisi hanya ditagihkan sebanyak 1 kali (di awal semester) selama menjalani proses pembelajaran di UT.   Tagihan registrasi matakuliah




  • Tutorial Online dapat diakses secara langsung melalui pilihan menu : [UT ONLINE] - [LAYANAN BELAJAR ONLINE] - [TUTORIAL ONLINE], Atau dengan mengakses langsung ke http://elearning.ut.ac.id
  • Lakukan aktivasi pada menu Aktivasi UT online untuk mendaptkan akun (username dan password) agar dapat melakukan login untuk mengikuti Tutorial Online.
  • Mengisi Form Kesediaan Tuton pada halaman Dashboard Tutorial Online.

Gunakan fasilitas lupa password pada halaman awal Tutorial Online (Tuton). Ikuti Instruksi selanjutnya.
  • Klik "kehilangan Password"/ Lost password
Matakuliah  tuton akan  muncul secara otomatis pada dashboard Tuton Mahasiswa sesuai  jadwal  Tuton di Kalender  Akademik (lihat di website UT).




Bila Anda   tidak  terlambat  melakukan Aktivasi  sesuai   dengan Kalender  Akademik  dan  sudah mengisi Form kesediaan mengikuti Tuton serta sudah melunasi pembayaran Registrasi Matakuliah,
 silahkan  hubungi Hallo-UT di 1500024 atau  kirimkan email ke hallo-ut@ut.ac.id




Kegiatan  Tutorial online  terbagi menjadi 8 sesi, setiap sesi akan terbuka secara otomatis mengikuti tanggal tutoril
• Peserta tutorial perlu mengisi kehadrian setiap sesi sebagai nilai kehadiran.
Pada   setiap  sesi  tutor  akan   menyajikan  materi  Inisiasi.
• Peserta tutorial perlu mempelajari materi Insiasi yang disediakan dan  mengikuti kegiatan diskusi  online  setiap minggunya, serta mengerjakan Tugas Tutorial pada Minggu III, V, dan  VII.

    Dengan  meng-klik   pada tautan “Kehadiran”, maka   akan   muncul pilihan Hadir, klik Hadir kemudian klik submit.




    Dengan meng-klik pada tautan “Diskusi”, maka akan muncul topik diskusi terkait matakuliah. Klik pada topik yang disediakan dan klik Reply untuk memberikan respons pada topik yang dipilih.  




    • Pada Minggu III, V, VII Tutor akan memberikan Tugas. Klik pada tautan Tugas.
    •  Selanjutnya akan muncul soal untuk dikerjakan.  
    •  Kerjakanlah Tugas yang diberikan pada Word Doc.  
    •  Upload file tugas yang dikerjakan dengan klik “Tambahkan pengajuan (tugas/laporan)”.




    • Masuk ke website UT dan pilih menu [UT ONLINE] - [LAYANAN BELAJAR ONLINE] - [LATIHAN MANDIRI]. Atau, langsung melakukan pencarian menggunakan tombol search.
    • Isikan kata pencarian melalui  kolom search dan  selanjutnya tekan enter.
    • Pencarian lebih spesifik dapat dilakukan dengan memilih pada opsi Search in dan Catagory.
    • Pilih matakuliah yang akan anda kerjakan untuk latihan dengan klik pada kode Matakuliah.
    Soal latihan dapat diunduh untuk dikerjakan secara offline dan dapat juga dikerjakan langsung di halaman web, untuk mengunduh soal klik tombol Download.
    Soal juga dapat langsung dikerjakan dengan klik tombol kerjakan. Tiap halaman berisi sepuluh soal.
    Ujian Online adalah Ujian akhir matakuliah  dengan menggunakan aplikasi komputer. Ujian Online dilaksanakan di Kantor UPBJJ, Sentra Layanan UT (SALUT) serta sekolah yang telah bekerjasama dengan UPBJJ. Kegiatan Ujian tetap diawasi oleh petugas seperti halnya UAS.




    • Pelaksanaan ujian untuk mengulang ujian matakuliah semester sebelumnya diadakan 3 s.d. 1 bulan sebelum pelaksanaan UAS.
    • Pelaksanaan ujian  untuk matakuliah yang  diregistrasikan pada semester berjalan diadakan 1 pekan setelah pelaksanaan UAS 
    • Informasi detail pelaksanaan ujian online dapat dilihat melalui kalender akademik atau menghubungi UPBJJ setempat.

      Mahasiswa S1-Online kegiatan Ujian Akhir Semester dilakukan secara online, sedangkan mahasiswa selain S1-Online dapat mengikuti ujian dengan melakukan pendaftaran. Ujian online dapat didaftarkan apabila: ·  

      • Matakuliah yang diregistrasikan terdapat bentrok jam ujian ·   
      • Berhalangan hadir saat pelaksanaan UAS ·  
      • Mengulang ujian  matakuliah semester sebelumnya (perbaikan nilai) tanpa meregistrasikan matakuliah di semester berjalan dengan ketentuan jumlah SKS dengan matakuliah yang diregistrasikan tidak melebihi 24 SKS



      • Melalui  website UT,  masuk   ke  fasilitas  Registrasi.  Pilih submenu “Ujian Online (UO)”.
      • Tentukan jenis ujian yang didaftarkan, apakah matakuliah yang sedang diregistrasikan di semester berjalan atau matakuliah lain yang mengulang.
      • Lengkapi isian form, tempat ujian dapat dipilih dimanapun UT menyelenggarakan. Penyelenggaraan ujian di tiap lokasi kemungkinan
      • berbeda. Jika sudah memilih UPBJJ dan lokasi ujian klik tombol  Proses 
      • Tanggal   pelaksanaan ujian  akan  muncul beserta kuota   yang masih  tersedia.
      • Selanjutnya lengkapi data matakuliah yang akan didaftarkan ujian.
      • Masukkan kode matakuliah beserta tanggal ujian dan sesinya.
      • Untuk menambahkan matakuliah lainnya, klik tombol  [+]. 
      •  Pastikan kembali matakuliah serta waktu ujian karena apabila tagihan sudah dibayar, matakuliah maupun waktu ujian tidak dapat diganti.     
      • Selanjutnya klik tombol SIMPAN maka tagihan  akan diterbitkan untuk dibayarkan ke bank.   
      • Klik Cetak   untuk  mencetak  Lembar   Informasi   Pembayaran (billing). Segera bayarkan di bank karena LIP ujian online hanya memiliki masa aktif 3 hari.
      • LIP Ujian Online khusus matakuliah yang diregistrasikan disemester berjalan akan aktif dan dapat dibayar apabila LIP registrasi  matakuliah sudah dinyatakan lunas oleh pihak bank
      •  Password akan diberikan setelah LIP dibayar dan dinyatakan lunas oleh pihak bank.







      Nilai akhir matakuliah dapat dilihat melalui laman SIA https://sia.ut.ac.id/ menggunakan akun mahasiswa · 
      • Masuk melalui menu Laporan - Daftar Nilai Ujian ·          
      • Isikan 5 digit masa ujian (lihat di kartu tanda peserta ujian anda) dan klik CARI







      Untuk mengakses LKAM, juga masuk melalui laman SIA  
      • Pilih menu Laporan – LKAM Umum. 
      • Masukkan NIM dan Jenis format LKAM 
      • Selanjutnya klik tombol Cari.   
      Proses   LKAM membutuhkan  waktu,  tunggu hingga tampilan LKAM muncul.



      Nilai akhir matakuliah dapat dilihat melalui laman SIA https://sia.ut.ac.id/ menggunakan akun mahasiswa · 
      • Masuk melalui menu Laporan - Daftar Nilai Ujian ·          
      • Isikan 5 digit masa ujian (lihat di kartu tanda peserta ujian anda) dan klik CARI







      Ya, layanan  ini  dapat  digunakan oleh   mahasiswa  UT  yang berstatus aktif dengan melakukan aktivasi melalui menu Layanan Mahasiswa. Proses aktivasi dilakukan tiap semester setelah pembayaran SPP dilakukan




      Pastikan   mendapatkan  jaringan @wifi.id yang   benar dan statusnya connected/terhubung.
      1.  Jaringan  nirkabel   wifi.id  biasanya terdapat  di  @wifi.id Corner  yang  disediakan oleh  PT. Telkom Indonesia dan  di pusat keramaian, seperti mal, bandara, stasiun,  dll.
      2.  Berhati-hatilah terhadap jaringan nirkabel  yang  memakai nama @wifi.id, yang tidak terhubung dengan internet.

      Setelah terhubung/connected  dengan jaringan nirkabel  @wifi. id,
      1.  bukalah browser (chrome, firefox, dll.),
      2.  untuk pertama  kali  anda akan   mendapatkan  tampilan halaman seperti berikut.
      3.  klik   tautan   Komunitas,    kemudian   klik   pada   tautan komunitas kampus.

      Setelah memilih  komunitas kampus, maka akan tampil  halaman User Login.
      1.  Pada kolom Username masukkan NIM Anda, ditambahkan “@ut.ac.id” (contoh: 123456789@ut.ac.id) .
      2.  Pada   kolom   Password,  masukkan, password yang telah anda tentukan saat proses aktivasi melalui akun SIA
      3. Klik LOGIN untuk melanjutkan.      
      4.  Jika proses User Login berhasil,  selanjutnya akan tampil  ucapan selamat, lalu klik Lanjutkan.
      Jika tidak ada kendala dari tahap awal, maka anda telah dapat menggunakan fasilitas jaringan internet nirkabel @wifi.id untuk mengakses  informasi   dan   materi  belajar   dari   www.ut.ac.id ataupun sumber lainnya di internet.




      ·   Untuk mahasiswa yang mengambil program Sistem Paket Semester (Sipas) mendapatkan:
      -        Fasilitas install fitur microsoft office 365 pada PC/Desktop.
      -        Fasilitas Office berbasis cloud. · 

      Untuk mahasiswa yang mengambil program Non Sistem Paket Semester (Non Sipas) mendapatkan:
      -        Fasilitas office berbasis cloud.




      • Memiliki NIM sebagai mahasiswa UT ·   
      • Telah melakukan registrasi matakuliah ·   
      • Telah melakukan pembayaran registrasi matakuliah untuk mahasiswa non beasiswa. ·  
      • Melakukan proses aktivasi Email pada menu “Aktivasi E-mail” di modul “Layanan Mahasiswa”
      Ketentuan:
      a. Masukan “Password Ecampus”. Password minimal 8 karakter dan terdiri dari huruf besar, huruf kecil, dan angka.
      b. Masukan “Password Akun SIA” anda.
      c.  Klik tombol “Proses” untuk mengaktivasi email ecampus.  
      d.  Login email dengan mengakses website http://ecampus.ut.ac.id    
      e.  Proses Update Password: ·   Masukan password lama (password yang didaftarkan pada fasilitas Aktivasi E-Masil di SIA) ·   Masukan password baru beserta confirm password. Pastikan password baru dan confirm
           password memiliki panjang karakter dan isi yang sama. ·   Klik tombol “Sign In” untuk mengupdate password ecampus.                    
      f.   Apabila berhasil ubah password maka akan tampil halaman dashboard email ecampus.





      Untuk melakukan pembelian buku, setiap mahasiswa diharuskan melakukan:
      a. login terlebih dahulu ke tbo.karunika.co.id.
      b. cari buku yang akan anda beli pada inputan cari buku, lalu tekan tombol search.
      c. Setelah Bahan Ajar tampil, isikan jumlah item yang akan di beli.
      d. klik Beli Buku   
      e. Setelah klik Beli Buku akan tertera data detail pemesanan buku dan user harus melengkapi alamat pengiriman bahan ajar. Klik Lanjutkan jika alamat pengiriman bahan ajar  sudah lengkap.
      f. Validasi akhir berikut informasi biaya pengiriman.  Klik Checkout untuk menerbitkan biling.                            
      g. Selanjutnya pembayaran dapat dilakukan melalui bank mitra UT dengan melampirkan cetakan Lembar Informasi Pembayaran(LIP).


      Untuk melakukan pencarian status order silahkan tuliskan no biling atau nomer order pada bagian atas layar (tracking pengiriman) kemudian tekan tombol tracking pengiriman.

               Detail seperti no billing, status billing, pembayaran, nama penerima, kota penerima, alamat penerima serta detail tracking dan  pemesanan tersedia.   Terdapa 2 button Detail Tracking dan Detail Pesanan pada saat mencari tracking pesanan:  
      a. Contoh detail tracking. Detail pengiriman akan muncul untuk memantau pengiriman Bahan Ajar.  
      b. Contoh detail pesanan. Detail pesanan akan muncul untuk melihat rincian bahan ajar apa saja yang di pesan dan dikirim







      Setiap   mahasiswa dapat  menggunakan  hingga  4  perangkat mobile untuk menggunakan layanan ini..  




      Mahasiswa harus  terlebih dahulu melakukan administrasi pendaftaran. Setelah itu anda akan mendapatkan notifikasi email cara mendownload aplikasi melalui Google  Play Store untuk perangkat Android.